Keunggulan Motor Listrik Roda 3, Inovasi yang Mendukung Efisiensi dalam Berkendara

bizlaw
bizlaw

Sebenarnya peralihan dari kendaraan konvensional berbahan bakar bensin menuju kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya terjadi satu atau dua tahun belakangan. Salah satu inovasi kendaraan listrik yang cukup lama hadir di pasar Indonesia adalah motor listrik roda 3 yang sudah ada sejak tahun 2015.

Meskipun di tahun pertama banyak merek motor listrik tersebut yang mendapati kesulitan untuk menjual unitnya. Sebab secara penggunaan orang lebih suka motor roda dua yang terkesan ramping dan lincah.

Namun hal ini justru menjadi titik balik bagi setiap vendor motor listrik beroda tiga untuk menciptakan motor yang layak dan mampu memberikan performa lebih baik. Bukan hanya yang terkenal saja, banyak produsen – produsen baru yang turut meramaikan pasar di sektor ini.

Seiring dengan perkembangannya, kini minat terhadap motor listrik roda 3 mulai meningkat secara signifikan. Hal itu salah satunya karena banyak orang yang mulai menyadari akan keunggulan atau kelebihannya.

Keunggulan Motor Listrik Roda 3 yang Tidak Dimiliki Motor BBM atau Beroda Dua

1. Kendaraan Multiguna yang Efisien

Berbeda dengan kendaraan roda dua, motor roda 3 memang memiliki kemampuan lain selain sekedar sebagai alat transportasi sehari – hari. Hal itu karena motor ini biasanya didesain dengan space yang lebih besar di bagian belakang.

Inilah yang membuat kendaraan ini menjadi lebih multiguna dan efisien. Pengemudi dapat memanfaatkan motor ini untuk berbagai keperluan seperti mengangkut barang dalam jumlah banyak dan lain sebagainya.

2.Lebih Ramah Lingkungan

Pembakaran pada motor BBM sering kali menghasilkan asap yang dapat memperburuk kualitas udara. Ini juga akan memicu adanya pemanasan global yang dapat membuat iklim semakin ekstrim.

Motor listrik roda 3 dinilai lebih ramah lingkungan. Sebab energi listrik yang digunakan tidak menghasilkan gas buangan yang dapat mencemari udara. Motor listrik sendiri diklaim sebagai inovasi baru untuk mengurangi kadar karbon yang menjadi faktor penyebab polusi udara.

3.Biaya Operasional Terjangkau

Tidak jauh berbeda dengan kendaraan listrik lainnya, motor listrik ini juga tidak membutuhkan biaya operasional yang tinggi seperti motor konvensional. Pada motor konvensional BBM pengemudi perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk memenuhi kebutuhan bensin, ganti oli, dan lain sebagainya.

Sementara itu motor listrik sangat minim perawatan karena tidak memiliki komponen sebanyak motor konvensional. Ditambah lagi biaya bahan bakar yang digunakan juga lebih murah.

4.Lebih Stabil dan Aman

Beberapa motor listrik yang memiliki roda tiga sering menjadi alternatif bagi mereka yang tidak terlalu menguasai motor roda dua. Hal itu karena motor dengan roda tiga memiliki stabilitas terutama saat motor dalam keadaan pelan atau berhenti.

Selain itu karena lebih stabil, motor listrik roda 3 cenderung lebih aman karena mudah untuk dikendalikan. Khususnya bagi orang – orang yang masih belum memiliki cukup pengalaman dalam menyeimbangkan motor roda dua.

5.Desain Ergonomis

Harus diakui bahwa desain dari motor listrik dengan roda tiga rata – rata lebih ergonomis dibanding dengan motor listrik roda dua. Hal itu salah satunya terlihat pada jok motornya yang dapat memberikan kenyamanan. Khususnya bagi pengendara yang sedang menempuh jarak yang jauh.

Karena dimensinya yang lebih besar, tentu daya angkut motor ini juga lebih besar. Bahkan ada beberapa model yang mampu menampung hingga 180 kg.

Itulah beberapa keunggulan yang bisa dirasakan saat mengendarai menggunakan motor bertenaga listrik roda tiga. Meskipun motor listrik roda 3 masih belum masif di jalanan, namun motor ini layak untuk diperhitungkan. Terutama yang sedang membutuhkan efisiensi dan kargo untuk mengangkut banyak barang.

Share This Article
bizlaw
By bizlaw
Follow:
BizLaw.id adalah portal berita terdepan yang menyajikan informasi terkini dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia. Kami menyoroti berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, otomotif dan gaya hidup. Tim kami yang berpengalaman berkomitmen untuk menyajikan berita secara objektif, akurat, dan mendalam.
Leave a comment

Leave a Reply