Banyak orang yang mengeluh sulit membeli motor secara tunai. Sales motor biasanya meminta konsumen untuk membeli motor dengan kredit agar tidak terlalu lama menunggu inden.

Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti memberikan beberapa tips agar tidak dibohongi oleh oknum sales nakal tersebut.

"Pertama, cek harga di website resmi pabrikan, kemudian pergi ke dealer. Dealer itu kerap kali memberikan diskon, dari pada menaikan harga. Beli cash, bisa diskon dikitlah, mungkin Rp 500 ribu atau Rp 200 ribu, tergantung negosiasi," jelas Dyon di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lanjut Dyon, untuk tips selanjutnya pastikan membeli kendaraan di dealer resmi, dan jangan melalui perantara agar mendapatkan jaminan aftersales service selama tiga tahun.

"Jadi kalau ada masalah apa-apa, garansi enak bisa digunakan di dealer dan gratis. Servis bisa teratur. Kalau perawatan teratur, bisa trade-in dan harganya tidak jatuh, karena dealer tahu kondisi motornya," tambahnya.

Kemudian, saat di dealer resmi pilih sales yang menggunakan baju seragam di sales counter, dan jangan yang tidak. Pasalnya, di dealer resmi juga banyak berkeliaran sales lain dengan istilah calo leasing.

"Jangan juga membeli dengan perantara, karena perantara itu kadang menyebut gampang urusnya, tanpa KTP, tanpa apa, itu tidak aman. Nanti bisa ditilep uangnya," ujarnya.