menyadarkan masyarakat dengan melibatkan Lurah dan Camat agar tidak membuang sampah sembarangan

Pemerintah Kebupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu berkomitmen mewujudkan program SOSIS (Save Our Ocean and Small Island).

Hal tersebut disampaikan Sekertaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun saat menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Pertama Program SOSIS di Gedung Mitra Praja, Jakarta, Kamis (11/07/2019).

“Pemkab Kepulauan Seribu tentunya menyambut baik program SOSIS tersebut agar bisa menyelesaikan kendala yang ada, serta menyadarkan masyarakat dengan melibatkan Lurah dan Camat agar tidak membuang sampah sembarangan,” tambah Eric.

Program SOSIS sendiri bertujuan untuk menanggulangi masalah sampah laut, dengan mendukung sistem pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat.

Tercatat dalam program tersebut melibatkan beberapa indikator untuk mencapai keberhasilan, diantaranya meningkatkan pengelolaan sampah di dalam pulau, meningkatkan kesadaran masyarakat Kepulauan Seribu untuk melaksanakan Reduce, Reuse dan Recycle (3R), meningkatkan jumlah rumah tangga dan pertokoan melakukan pemilahan sampah serta mendukung kegiatan daur ulang sampah.

“Program tersebut dilakukan untuk mewujudkan Provinsi DKI Jakarta semakin bersih, dan kita harapkan melalui FGD ini ada rekomendasi tegas untuk diberikan kepada Gubernur untuk bisa diterapkan,” tambah Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Lingkungan Hidup, Yuli Hartono.