Komunikasi sangat penting, karena menurutnya saat ini perang bukan perang konvensionai, tapi perang melalui media dan perang isu.

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blora menggelar Kegiatan Forum Komunikasi dan Konsultasi Ormas-LSM, di aula Resto Joglo, Kota Blora, Rabu (10/7/2019).

Ketua Panitia Penyelenggara, Andreas Satriya Tony Games, berharap kegiatan tersebut menjadi sarana yang baik dalam berkomunikasi, sekaligus mengajak ormas dan lembaga swadaya (LSM) untuk bersinergi.

“Kegiatan ini penting, karena menjadi sarana membantu pemerintah dalam sukses pembangunan,” katanya.

Kepala Kesbangpol Blora Sahid, menjelaskan bahwa hak berserikat dan berkumpul diatur oleh undang-undang (UU), dan merupakan hak asasi manusia (HAM).

Menurutnya, wadah dalam menjalankan kebebasan berpendapat salah satunya adalah organisasi kemasyarakatan (ormas), tujuannya bisa membantu bekerja sama dengan pemerintah dalam menjalankan pembangunan.

“Forum komunikasi dan konsultasi ormas-LSM sangat penting, dan Kesbangpol bertanggungjawab atas semua perkembangan ormas-ormas yang ada,” kata Sahid.

Sahid berharap setiap perkembangan ormas harus dilaporkan pada Kesbangpol, sehingga terjalin komunikasi yang baik antarinstitusi.

Narasumber Kasdim Blora, Mayor (Kav) Hyasintus Waleng Purap, menjelaskan komunikasi sangat penting, karena menurutnya saat ini perang bukan perang konvensionai, tapi perang melalui media dan perang isu.

“Efek komunikasi massa terhadap individu, yaitu ekonomis, sosial, penjadwalan kegiatan, konflik komunal, perkelahian, dan bentrokan,” kata Kasdim.

Ditambahkan, saat ini banyak masyarakat di desa masih belum bisa mengikuti hal tersebut, mkaka jika terjadi miss komunikasi dapat menimbulkan perselisihan dan menjadi permusuhan.

Kodim sebagai satuan tingkat bawah, lanjut Mayor (Kav) Hyasintus Waleng Purap, rajin melaksanakan komunikasi dengan semua unsur dan elemen.

Komunikasi yang bagus, lanjutnya, akan membuat semua menjadi bagus, sebaliknya komunikasi yang tidak bagus, akan menjadikan semua berantakan, tegas Kasdim 0721/Blora.

Kegiatan bertemakan “Kita Wujudkan Ormas dan LSM yang berkualitas guna menumbuhkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan” adalah sebagai bentuk koordinasi, dan komunikasi antar institusi.