Pemerintah Kabupaten Dairi yang akan membeli langsung hasil panen dari para petani kopi tersebut

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pertanian mengadakan kegiatan tanam kopi perdana bibit kopi bersama dengan kelompok tani Sada Arihta Kelurahan Bintang Hulu pada Rabu (10/7/2019) di Desa Lingkungan II Tambunan, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang. Tanam perdana bibit kopi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dairi Ir. Herlina Tobing serta Camat Sidikalang Agel Siregar serta Kelompok Tani Sada Arihta dan para PPL Pertanian. 
                                  
Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengatakan tanam bibit kopi perdana ini merupakan bagian dari kelengkapan pokok dari pohon pelindung dan pupuk yang sudah dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi pada beberapa hari sebelumnya. Beliau katakan bahwa saat ini bibit kopi tela tersedia dan akan disebarkan kepada seluruh kelompok tani di Kabupaten Dairi. Ini adalah tugas kami sebagai pemerintah untuk masyarakat Dairi di bidang pertanian. Kami berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat sehingga program ini ada,ucap Beliau. Beliau utarakan bahwa program ini merupakan program pemerintah yang harus dipastikan sampai kepada masyarakat petani dan dapat berguna serta bermanfaat bagi masyarakat petani dan menanamnya hingga melakukan panen hingga nantinya Pemerintah Kabupaten Dairi yang akan membeli langsung hasil panen dari para petani kopi tersebut. 
                                            
Kepada PPL Pertanian yang hadir dalam kegiatan tersebut, Beliau berpesan agar selalu melakukan pendampingan dengan memberikan pelatihan serta memeberikan pengetahuan kepada para kelompok tani agar segala tanaman yang ditanam oleh para petani dapat tumbuh subur dan menghasilkan produksi yang bagus serta dalam jumlah yang besar. Saya sangat berharap apa yang kita lakukan ini berhasil dan para kelompok tani juga mari sampaikan dan bangkitkan semangat ini kepada kelompok tani yang lainnya. Kami Pemerintah akan berusaha sekuat tenaga untuk mendampingi dan mencari cara yang terbaik agar para petani kita bisa sejahtera, pungkas Beliau dalam sambutannya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dairi dalam laporannya mengatakan bahwa tanam perdana bibit kopi ini merupakan program bantuan yang sudah terlaksana pada hari-hari sebelumnya dimana bibit kopi beserta pohon pelindung dan pupuk organik langsung diserahkan oleh Bupati Dairi kepada kelompok tani. Tanam perdana bibit kopi yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu program kerja 100 hari Pemerintah Kabupaten Dairi Agri Unggul dibawah kepemimpinan Bupati dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH dalam mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang. 

Sementara itu, perwakilan kelompok tani sada arihta dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi karena telah memberikan perhatian kepada para petani khususnya petani kopi dengan memberikan bantuan berupa bibit kopi. Dengan adanya bantuan tersebut, para kelompok tani diharapkan akan semakin semangat dalam membudidayakan kopi sehingga hasil produksi kopi yang dihasilkan akan semakin meningkat. 

Usai memberikan sambutan kepada para kelompok tani, Bupati Dairi yang di dampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dairi , Kelompok Tani Sada Arihta dan PPL Pertanian langsung menuju lokasi di salah satu lahan milik kelompok tani untuk melakukan penanaman perdana bibit kopi.