Sejumlah saham teknologi justru terlihat telah mendaki sangat fantastis dalam 5 tahun terakhir.

Sentimen perang dagang yang menyeret Huawei terpantau telah membuat sejumlah harga saham perusahaan teknologis terkemuka di AS rontok tak tertahankan di sepanjang tahun ini. Penurunan curam saham-saham teknologi tersebut bisa dipahami dengan mudah, mengingat telah terlanjur menjadikan Huaewei sebagai salah satu klien terbesarnya dalam beberapa tahun terakhir.

Sanksi larangan terhadap Huawei  untuk menjalin kerjasama biisnis dengan seluruh entitas bisnis asal AS  secara otomatis melenyapkan pundi-pundi keuangan sejumlah perusahaan teknologi tersebut. Pada gilirannya, harga saham menjadi rontok sebagaimana telah banyak diulas. Namun di tengah kerontokan tragis tersebut, sejumlah saham teknologi dan saham sektor lainnya justru sesungguhnya telah membukukan kenaikan fantastis dalam 5 tahun terakhir.

Serangkaian pantauan bahkan menunjukkan, terdapat saham yang telah melompat hingga 9 kali lipat dalam 5 tahun terakhir. Saham tersebut adalah saham Abiomed, di mana kini telah meningkat harganya hingga 909% dibanding 5 tahun silam.  Saham Abiomed tidak sendirian dalam membukukan kinerja cemerlang dalam 5 tahun terakhir.

Berikut adalah daftar sejumlah saham terkemuka yang berhasil membukukan kinerja fantastis dengan membukukan kenaikan lebih dari 400% dalam 5 tahun terakhir:

Abiomed  melonjak hingga 909%

Nvidia melonjak 728%

Advanced Micro Devices melonjak 707%

Amazon melonjak 489%

Market Axess Holdings melonjak 486%, serta

Netflix melonjak 455%.

Sentimen dari perang dagang AS-China yang disulut oleh  Kebijakan Presiden Trump, barangkali memang menjadi pukulan bagi sejumlah saham terkemuka di bursa Wall Street. Namun bila dtinjau dari pola gerak jangka panjang, sentimen kebijakan Trump dan perang dagang AS-China tak lebih dari  momentum koreksi usai membukukan kenaikan yang telah sangat  tajam dan berlangasung dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Menariknya, sentimen terkini dari peluang sangat besar penurunan suku bunga acuan oleh Bank sentral AS, The Fed, diyakini masih akan memberikan dorongan bagi indeks Wall Street untuk terus membukukan penguatan hingga beberapa pekan sesi perdagangan ke depan. Bila hal ini terrealisir, maka saham-saham tersebut akan bergerak naik semakin gila.  Dan oleh karenanya, selamat bagi mereka yang telah mengoleksinya dengan setia saham-saham tersebut.