Jony Ive mundur usai lebih dari dua dekade mengabdi di Apple

Jony Ive, bos desain Apple memutuskan mundur dari jabatannya. Dia akan mengelola perusahaan barunya, LoveForm, yang juga akan bekerjasama dengan Apple.

Pria bernama lengkap Sir Jonathan Paul Ive itu mundur usai lebih dari dua dekade mengabdi. Ive, sosok yang dikenal sebagai perancang iPhone, menanggalkan jabatannya sebagai Chief Design Officer untuk selanjutnya menjalankan perusahaan desain independen milikinya sendiri.

Sebagai pegawai yang bekerja dari awal perusahaan dibentuk, tentu Ive memiliki banyak kontribusi terhadap desain produk. Berikut beberapa produk ikonik yang didesain oleh Ive, sebagaimana dikutip dari CNBC, Jumat (28/6/2019):

1. iMac G3
Penggemar setia Apple dari tahun 90-an pasti mengenal produk ini. Komputer Apple ini punya banyak warna, sekitar 13, namun yang paling terkenal adalah komputer warna birunya. Mesinnya dikemas di belakang layar, tanpa CPU.

2. Power Mac G4 Cube
Meski tak sepopuler iMac G3, desain komputer ini tetap jadi desain terkenal dari Apple. Ukurannya lebih kecil namun harus diakui, desainnya lebih bagus dari kebanyakan komputer zaman sekarang.

3. iPod
Ini dia music player khas Apple yang jadi primadona sejak peluncurannya tahun 2001. Desainnya tentu saja hasil garapan Ive. Desain roda (wheel)nya memudahkan pengguna untuk memutar ribuan lagu yang mereka suka.

4. iPhone
Tanpa perlu mencari logonya, orang-orang pasti sudah mengenal iPhone dari desain dan bentuknya. Sampai sekarang, desain smartphone ikonik Apple besutan Ive tetap jadi panutan, dengan beberapa perubahan tentunya.

Fokus dari desain ini adalah ease-of-use untuk memudahkan pengguna memakainya, plus memberikan kesan premium yang khas dari Apple.

5. iPad
Ketika seluruh raksasa teknologi membuat tablet, tidak ada yang lebih populer dari tablet buatan Apple dengan desain khas dari Ive. Minimalis, memudahkan pengguna dan tetap memberikan kesan premium.

6. MacBook Air
Siapa yang tidak kenal laptop Apple paling tipis ini? Ya, ini juga salah satu produk terbaik Ive. Bahkan beberapa orang menyukai desain keyboardnya yang modern namun tetap nyaman digunakan.

7. Apple Watch
Produk ini sedang populer di kalangan masyarakat urban. Beberapa orang awalnya pesimis Apple Watch bakal laku di pasaran. Nyatanya, fitur touch screennya menarik perhatian banyak orang.

8. AirPods
Headphone bluetooth tidak populer kala itu sampai Apple meluncurkan AirPods ke pasaran. Lagi dan lagi, Ive fokus memberikan desain yang sederhana dan tidak mempersulit kenikmatan mendengar musik. Sekarang, desain AirPods sangat fashionable dan disukai banyak orang.

9. Apple Park
Satu lagi mahakarya Ive selama 30 tahun dirinya berkiprah di Apple. Bukan produk teknologi, namun markas baru Apple di Cupertino ini memanfaatkan energi terbarukan.

Desainnya modern dan sering disebut sebagai 'spaceship'. Namun ketika bangunan ini sudah jadi, Ive malah meninggalkan Apple.