Apple akan mengganti komponen baterai MacBook bermasalah

Apple menarik kembali (recall) terhadap sejumlah model MacBook Pro yang beredar di masyarakat. Penarikan ini karena baterai pada produk tersebut rentan panas dan rawan terbakar.

Dalam sebuah pengumuman yang dilansir dari Metro, Apple menyatakan, setiap laptop yang dibeli antara September 2015 dan Februari 2017 harus segera dikembalikan ke perusahaan.

"Apple telah menentukan bahwa dalam jumlah terbatas unit MacBook Pro 15 inci generasi pendahulu, dengan baterai yang mungkin terlalu panas dan menimbulkan kebakaran dan berisiko terhadap keselamatan pengguna," kata perusahaan itu.

"Safety Keamanan pelanggan selalu menjadi prioritas utama Apple, dan kami telah secara sukarela memutuskan untuk mengganti baterai yang terkena dampak, gratis," tulisnya lagi.

Dikatakan bahwa setiap pelanggan yang berpikir mereka akan terpengaruh, dapat mengunjungi website Apple dan memasukkan nomor seri laptop mereka.

Sayangnya, jika laptop Anda adalah salah satu yang terpengaruh, maka Anda harus mengirimkannya ke Apple untuk menyelesaikannya, dan itu bisa memakan waktu antara satu dan dua minggu. Perusahaan belum menjelaskan dengan tepat apa yang mungkin menyebabkan baterai terbakar, tetapi ini bukan penarikan pertama dari Apple tahun ini.

Sebelumnya, adaptor degan tiga cabang sempat dilakukan recall khawatir kemungkinan menghasilkan sengatan listrik. Dalam hal ini, perusahaan menawarkan mengganti unit yang terkena dampak secara gratis.