Sentimen positif dari kesepakatan Trump dengan Meksiko telah berhasil membuat harga saham BBCA menembus level psikologisnya di Rp30.000.

Sesi perdagangan saham awal pekan ini, Senin (10/6) ternyata diwarnai dengan gerak harga salah satu saham paling terkemuka yang mampu menembus level pentingnya. Adalah saham milik PT Bank Central Asia Tbk., yang di sesi perdagangan pagi ini secara mengejutkan melompat sangat tajam hingga sekaligus menembus level psikologisnya di Rp30.000-an.

Pantauan bahkan menunjukkan, gerak harga saham yang diperdagangkan dengan kode BBCA tersebut yang sempat mencetak titik termahalnya di kisaran Rp30.950, namun kemudian menurun terbatas untuk mini diperdagangkan di kisaran Rp30.200 per lembarnya.

Gerak naik tajam harga saham BBCA kali ini terjadi di tengah positifnya sentimen yang sedang hinggap di bursa saham global. Sebagaimana diwartakan sebelumnya,  sentimen dari tercapainya kesepakatan imigrasi antara Meksiko dan Amerika Serikat  untuk sekaligus  menghindarkan pengenaan tarif masuk atas produk asal Meksiko. Investor di Asia juga disebutkan   semakin kukuh dengan   sikap optimis  setelah pada pekan lalu pernyataan  pimpinan bank sentral AS, The Fed yang membuka peluang lebar untuk menurunkan suku bunga acuan.  Dua sentimen positif tersebut akhirnya semakin mengurung bursa Asia untuk betah di zona positif dalam mengawali  sesi pagi awal pekan ini.

Gerak naik tajam IHSG akhirnya tak terelakkan, dan harga saham BBCA akhirnya turut terangkat dalam rentang yang tajam. Terlebih, dalam sepanjang sesi perdagangan pekan lalu, bursa saham Indonesia menjalani masa libur lebaran, dan kenaikan tajam kali ini sekedar mengkompensasi libur panjang tersebut.

Sementara tinjauan teknikal terkini pada saham BBCA menunjukkan, telah terbentuknya tren penguatan jangka menengah sejak sesi perdagangan  31 Mei lalu.  Gerak naik tajam kali ini dari tinjauan teknikal sangat  bisa dipahami akibat telah terbentuknya tren penguatan tersebut. Sedangkan untuk prospek ke depan, gerak naik lebih lanjut saham BBCA masih mungkin mengingat tren penguatan yang terbentuk terlihat cukup soliud sebagaimana dapat dicermati pada grafik harian terkini berikut:

Solidnya tren penguatan saham BBCa terlihat dari masih cukup stabil dan renggangnya jarak yang terentang antara indikator titik P-Sar dengan garis MA-Signal.

Happy Trading.