Banyak juga orang yang menggunakan produk Apple, terutama iPhone, untuk sekadar pelengkap fashion saja

Kiprah Apple di bidang teknologi sudah tidak dapat diragukan lagi. Slogan Apple yang berbunyi "Think Different" merupakan nilai yang dipegang perusahaan Apple untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang lain.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan iPhone, kan? Smartphone keluaran Apple ini, merupakan salah satu inovator teknologi yang pernah merajai pasar smartphone.

Harga iPhone di pasaran terkenal mahal dan kesannya "overpriced". Wajar sih, karena memang permintaan pasar terhadap produk iPhone serta nilai brand Apple juga sangat tinggi.

Banyak juga orang yang menggunakan produk Apple, terutama iPhone, untuk sekadar pelengkap fashion saja.

Jadi, selain dibenci orang karena harga iPhone terbaru yang semakin mahal, apa yang membuat 5 HP iphone ini dibenci ya?

iPhone pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 dan kini sudah memasuki usia ke 12 tahun. Sudah banyak varian iPhone yang dirilis oleh Apple, dan yang terakhir adalah seri iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max.

Mungkin kamu berpikir kalau semua produk iPhone merupakan produk yang baik dan berhasil di pasaran. Padahal, kenyataannya tidak, geng!

Ini dia 5 iPhone terburuk yang pernah dirilis oleh Apple. Dilansir dari Jalantikus, iPhone seri apa saja ya? Yuk, kita simak!

1. iPhone SE

iPhone SE merupakan versi lebih murah dari iPhone 6s. Dari segi desain, iPhone SE mungkin bisa dibilang mengikuti desain iPhone-iPhone lain, hanya saja lebar layarnya cuma 4 inci.

Wajar sih layarnya lebih kecil, karena iPhone SE memang di-desain untuk pecinta produk iPhone yang memiliki budget terbatas.

Dengan membuat layarnya lebih kecil, maka biaya produksi dan harga jualnya juga bisa lebih rendah.

Meskipun begitu, spesifikasi iPhone SE mirip sekali dengan iPhone 6s. Orang sering menyebut bahwa iPhone SE merupakan iPhone 6s dengan body 5s.

Rilisnya iPhone yang dirilis pada tahun 2016 ini, merupakan kabar baik bagi konsumen yang mendambakan iPhone dengan harga miring sejak lama.

Namun, rilisnya iPhone SE merupakan kabar buruk bagi para "Diehard Apple Fan", alias para fanatik produk iPhone.

Mereka menganggap iPhone SE merupakan langkah mundur dari Apple yang terkenal selalu mengeluarkan produk yang inovatif.

Kamera depan yang buruk, serta layar yang kecil seperti iPhone generasi lama, juga merupakan faktor pendukung pernyataan bahwa iPhone SE merupakan salah satu iPhone terburuk yang dirilis iPhone.

2. iPhone 6 Plus

iPhone 6 Plus terkenal banget dengan ketipisan body yang dimiliki alias super slim.

Namun, kelangsingan body iPhone 6 Plus membawa petaka, geng. Banyak pengguna iPhone 6 Plus yang komplain kalau smartphone tersebut bengkok ketika ditaruh di kantong celana secara tiba-tiba.

Memang sih, fitur yang ditawarkan serta kecanggihan yang ada di iPhone yang dirilis pada tahun 2014 ini akan membuat penggunanya puas. Tapi secanggih apapun sebuah smartphone, kalau bengkok ya percuma

Pengguna Twitter menyebut kejadian ini sebagai skandal #BendGate. Apple pun merespon hal ini dengan mengatakan bahwa kejadian iPhone 6 Plus bengkok merupakan sebuah hal yang sangat langka.

Kecacatan tersebut akhirnya hilang pada tahun 2015 ketika iPhone 6s dan iPhone 6s Plus rilis. Mungkin saja Apple sudah mengganti bahan material iPhone keluaran selanjutnya supaya kejadian ini tidak terulang.

3. iPhone 3G

Mungkin jaman iPhone 3G dirilis pada tahun 2008, orang-orang Indonesia masih sibuk dengan Blackberry-nya atau bahkan masih setia dengan Nokia, si HP legendaris rakyat Indonesia.

Kalau mau sebutin keburukan iPhone generasi jadul sih gampang banget, geng. Nggak ada App Store, belum support Touch ID, network 2G, dan lain-lain.

Tetapi jangan salah, iPhone 3G merupakan smartphone revolusioner di masanya. Hal ini yang membuat Apple kental banget dengan Slogan-nya, "Think Different".

iPhone 3G bisa masuk list ini karena desain-nya yang buruk. Memang sih, untuk memberikan fitur maksimal, perlu ada yang dikorbankan, termasuk tampilan dan body-nya.

Body iPhone 3G terbuat dari plastik yang kaku dan juga sangat rentan retak. Selain itu, prosesor smartphone ini juga lamban dalam memproses aplikasi dan game.

iPhone 3G memang bukanlah smartphone yang terburuk, namun juga bukanlah smartphone yang terbaik.

4. iPhone 4

iPhone 4 merupakan iPhone yang pertama menggunakan body dari bahan kaca dan metal. iPhone 4 yang dirilis pada bulan Juni 2010 ini penggunanya lumayan banyak loh, geng.

Meskipun kece di jamannya, terdapat satu kekurangan iPhone 4 yang dinilai fatal. Antena iPhone 4 berada di luar body dan agak timbul sehingga mengurangi estetika dari smartphone ini.

Selain mengurangi estetika, antena iPhone 4 yang diletakkan di samping akan tertutup oleh tangan ketika kita menggenggam smartphone tersebut.

Pengguna mengeluhkan penerimaan sinyal yang sangat buruk ketika menggunakan handphone ini.

Publik menyebut kontroversi ini sebagai AntennaGate. Pada tahun 2010, Apple akhirnya merespon keluhan masyarakat mengenai masalah ini dengan menjawab, "Coba hindari memegang yang seperti itu".

5. iPhone 5c

Sama seperti iPhone SE yang merupakan iPhone versi murah yang dijual sebagai alternatif iPhone 6s, iPhone 5c juga di-desain dengan tujuan yang sama.

Smartphone yang dirilis pada tahun 2013 ini merupakan versi murah dari iPhone 5 yang dirilis setahun sebelumnya. iPhone 5c dikenal karena memiliki body plastik yang berwarna-warni cerah.

Kalau dilihat dari harganya, sebenarnya iPhone 5c memiliki harga yang tidak jauh dari iPhone 5. Dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh, kamu hanya mendapatkan smartphone warna-warni dari plastik seperti mainan.

iPhone 5c tidak memiliki fitur Touch ID, memiliki memori penyimpanan yang kecil, serta kinerja yang lambat, terutama ketika menjalankan aplikasi terbaru.