Perangkat-perangkat ini di tahun sebelumnya memang kebagian pembaruan ke iOS 12.

Pemilik iPhone seri 5 dan 6 harus gigit jari lantaran tak kebagian pembaruan iOS anyar. Hal ini lantaran iOS 13 tidak bisa digunakan di iPhone seri 5 dan 6 tersebut.

Kabar ini disampaikan langsung Apple dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019, menjelang rilis beta pengembangan pertama iOS 13 yang akan tersedia di beberapa titik.

Berikut daftar perangkat yang kebagian iOS 13:

iPhone XS
iPhone XS Max
iPhone XR
iPhone X
iPhone 8
iPhone 8 Plus
iPhone 7
iPhone 7 Plus
iPhone 6S
iPhone 6S Plus
iPhone SE
iPod Touch (generasi ketujuh)

Namun ada juga perangkat Apple yang tidak mendapat pembaruan iOS 13 yaitu, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPod Touch (generasi keenam). Perangkat-perangkat ini di tahun sebelumnya memang kebagian pembaruan ke iOS 12. Namun Apple tak lagi memberikan mereka pembaruan ke sistem operasi terbaru.

Sementara itu, iPadOS yang namanya diganti akan tersedia pada perangkat berikut:

iPad Pro (12,9 inci)
iPad Pro (11-inci)
iPad Pro (10,5 inci)
iPad Pro (9,7 inci)
iPad (generasi keenam)
iPad (generasi kelima)
iPad mini (generasi kelima)
iPad mini 4
iPad Air (generasi ketiga)
iPad Air 2

Perangkat yang tak mendapatkan pembaruan sistem operasi tebaru yakni iPad Air pertama dan iPad mini 2, yang sebelumnya kebagian pembaruan iOS 12.

Untuk Apple Watch, pembaruan watchOS 6 akan terus berjalan pada Apple Watch Series 1, Series 2, Series 3, dan Series 4, meskipun perusahaan mencatat bahwa tidak semua fitur akan tersedia di semua perangkat.

Ketiga pembaruan sistem operasi ini akan ditawarkan dalam versi beta mulai 5 Juni waktu AS untuk pengembang. Versi beta publik akan dirilis pada Juli dan rilis final dijadwalkan meluncur musim gugur atau jelang akhir tahun.