Setelah merontokkan indeks bursa saham  global  dan harga minyak dalam kisaran yang tragis, sentimen dari kejutan Presiden AS Donald Trump  mulai menuai hasil positif di pasar komoditas Emas. Sebagaimana dimuat dalam sejumlah ulasan teknikal sebelumnya, sentimen yang semula muram melingkupi gerak harga emas akibat dari kokohnya indeks Dolar AS, akhirnya mampu  berbalik secara mengejutkan (meski juga telah diperkirakan sebelumnya) membalik gerak naik harga emas dunia.

Adalah sentimen keputusan yang lagi-lagi mengejutkan dari Presiden Trump pada akhir pekan lalu di mana menaikkan tarif masuk atas produk asal Meksiko sebesar 5% yang menjadi kekhawatiran investor. Trump dalam keputusan yang sama juga mengancam akan terus menaikkan tarif masuk atas produk asal Meksiko hingga mencapai 25% bila negeri tetangganya itu gagal mengurangi secara substansial arus imigran di perbatasan dengan AS.

Praktis langkah dan kebijakan yang diambil Trump tersebut memicu kekhawatrian investor akan  meluasnya perang dagang yang disulut oleh Trump. Untuk dicatat, pukulan kejutan Trimp sebelumnya yang telah menghempas bursa saham global dengan secara mendadak menaikkan tarif masuk atas produk asal China menjadi sebesar 25%.  Pelaku pasar kini dicekam kekhawatiran bahwa perang dagang yang disulut Trump akan terus meluas dan pada akhirnya semakin mengancam kinerja pertumbuhan ekonomi global.

Perekonomian global yang rawan dalam perlambatan, dengan sendirinya memaksa investor keluar dan beralih memburu aset investasi yang aman dan komoditas emas adalah salah satu pilihan yang paling favorit. Konsekuensinya, gerak harga emas akhirnya membubung dengan cepat dan bahkan sempat melompat secara fantastis  di sesi perdagangan pekan lalu dengan  melonjak hingga hampir 18%.

Lonjakan harga dalam kisaran fantastis tersebut nampaknya masih belum cukup, hingga pada sesi perdagangan awal pekan ini, Senin (3/6) gerak naik tajam harga emas masih berlanjut. Pantauan terkini menunjukkan, di sesi perdagangan siang ini di Asia harga emas yang diperdagangkan di kisaran $1.317 per Ounce dan terlihat mulai stabil untuk kembali bergerak di atas level psikologisnya di $1.300-an.

Sentimen dari keputusan Trump yang mengejutkan memang cukup manjur untuk mengatrol harga emas dengan cepat. Oleh karenanya, bagi investor komoditas Emas, tak salah bila menyatakan terima kasih pada Presiden yang penuh dengan kejutan tersebut: Thanks Trump.