Ustaz Arifin Ilham tak hanya dikenal sebagai pendakwah yang disegani. Tetapi dia juga seorang pebisnis yang ulung.

Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham. Pimpinan majelis Az-Zikra itu meninggal dunia pada Rabu (22/5) malam di Malaysia.

Kabar itu disampaikan langsung putranya melalui instagramnya, @alvin_411. Dalam berita duka itu dia mengunggah foto dirinya ketika tengah memeluk sang ayah dengan memakai baju putih.

Dia menyampaikan kabar duka sekaligus meminta doa serta mohon maaf atas nama almarhum. Alvin juga menyatakan pihak keluarga telah ikhlas dengan kepergian sang ayah.

Dia juga menegaskan jenazah almarhum akan dibawa dari Penang Malaysia ke Indonesia untuk dimakamkan di Azzikra Bogor.

"innalillahiwainnailaihirojiun
Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham .
Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin.
insyaAllah secepatnya Abi dipulangkan dari malaysia dan dimakamkan di pesantren Azzikra gunung sindur bogor. Sekiranya jika ada salah kata atau perbuatan dari abi, mohon dibuka permintaan maaf sebesar besarnya. Ya Allah, jika ini yang terbaik, kami ikhlas ya Allah, kami ridho ya Allah

Semasa hidup, Ustaz Arifin Ilham tak hanya dikenal sebagai pendakwah yang disegani. Tetapi dia juga seorang pebisnis yang ulung. Dia bahkan menggunakan sebagian keuntungan bisnisnya itu untuk membiayai aktivitas dakwahnya.

Berikut bisnis yang dilakukan almarhum Ustaz Arifin Ilham:

Bisnis Air Minum
Pria kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 itu membuka bisnis air minum dalam kemasan dengan merek Azzikra. Air mineral itu merupakan air alkaline ionized water atau air yang dihasilkan melalui proses ionisasi dengan sistem ultrafiltrasi menggunakan ultraviolet.

Proses ionisasi ini juga membuat pH air menjadi alkali sehingga disebut sangat baik untuk kesehatan. Air ini diklaim bisa mengatasi penyakit maag, asam urat, hingga mengeluarkan toksin.

Selain bisa dibeli di lokasi majelis Azzikra, air minum ini juga bisa diperoleh di marketplace. Banyak orang yang menjual minuman ini secara online. Harga per botolnya dibanderol Rp10.000.

Bahkan air Azzikra ini menjadi langganan istana. Beberapa kali dalam rapat kabinet di Istana, air kemasan Azzikra selalu tersedia. Beberapa kali juga saat Presiden Jokowi blusukan di Bogor, ia selalu menggenggam air minum Azzikra. Bahkan saat menjamu Ketua Umum Partai Gerindra pun air Azzikra tersedia di meja.

Bisnis Madu
Selain bisnis air mineral, Arifin Ilham juga sejak 2015 mengembangkan bisnis madu yang saat ini sudah banyak agennya. Bahkan sejumlah ustad kondang lainnya pun menjadi agen bisnis madu Azzikra ini.

Menurut Arifin Ilham, menjadi ustad bukan mencari rezeki dari aktivitasnya berdakwah. Ia lebih memilih mengembangkan usahanya itu agar terhindar dari permintaan tarif saat berdakwah.

Madu Azzikra tersebut dibanderol mulai dari Rp75.000 dan bisa didapatkan di majelis Azzikra dan juga via online. Arifin mengatakan meski bisnis madu Azzikra ini punya agen, namun bisnis tersebut bukan multilevel marketing atau MLM.

Selamat jalan Ustaz...