Hampir dipastikan, EURGBP akan dengan cepat berbalik turun secara temporer.

Sebagaimana dimuat dalam ulasan edisi 16 Mei lalu, gerak nilai tukar Euro terhadap Poundsterling yang disimbolkan EURGBP, akhirnya terbukti membentuk tren penguatan jangka menengah pada sesi perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (17/5). Tren penguatan yang terbentuk ini cukup solid berkat renggangnya jarak yang terentang antara garis MA-Signal dengan titik P-Sar.

Solidnya tren penguatan tersebut juga masih ditunjuang dengan posisi candle yang masih sangat berjarak di atas indikator garis MA-Signal dalam 7 hari sesi perdagangan terakhir.  Peringatan bagi investor kini jelas untk tidak sesekali nekat melakukan aksi melawan tren yang sangat solid ini.  Di sesi penutupan pekan lalu, EURGBP terlihat terhenti di 0,87729, dan masih mungkin untukmmelanjutkan gerk menguatb lanjutan di sepanjang sesi perdagangan pekan depan.

Grafik harian terkini berikut kembali disajikan untuk memperbarui analisis usai terbentuknya tren penguatan jangka menengah:

Gerak menguat dalam dua pekan sesi perdagangan terakhir secara beruntun, telah membuat indikator garis MA-Signal terangkat dengan sangat cepat  dan kini telah menembus batas teknikal psikologisnya.  Tren penguatan jangka menengah dengan demikian telah terbentuk, namun jarak yang terlalu lebar antara titik P-Sar dengan titik tertinggi EURGBP, di mana kini telah mencapai 244 pip dipastikan memantik risiko terjadinya gerak balik penurunan yang cepat.  Hal ini mengintat besaran range optimum EURGBP untuk grafik harian sebesar 60 pip, sehingga jarak 244 pip telah melampaui 4 kali range optimum.

Hampir dipastikan, EURGBP akan dengan cepat berbalik turun secara temporer, terlebih bila masih “keras kepala” melakukan gerak naik lanjutan hingga 60 pip dari posisi tertingginya saat sekarang di 0,87770. Bagi investor yang gemar melakukan trading jangka pendek, situasi teknikal demikian memang cukup menantang, tapi juga membuka peluang yang sangat menjanjikan.

Dalam ulasan teknikal edisi 16 Mei lalu juga telah diingatkan, bahwa situasi teknikal saat itu  yang menuju peralihan, di mana  investor tentu perlu berhati-hati untuk tidak melakukan aksi melawan pasar dengan melakukan short. Terlebih, tren penguatan yang akan terbentuk dipastikan cukup solid, dan oleh karenanya gerak menguat lanjutan sangat  besar peluangnya. Melakukan aksi melawan tren dengan melakukan Short dalam skituasi  teknikal seperti ini sangatlah berisiko. Langkah terbaik bila ingin melakukan short dalam situasi ini adalah dengan menantikan terbentuknya pola kejenuhan tren jual setidaknya di grafik H4.  Namun sayangnya, akibat  dari masih sangat solidnya tren penguatan yang kini telah terbentuk di grafik H4, puncak kejenuhan tren beli di grafik H4 masih belum bisa diperkirakan.

Investor, dengan demikian dianjurkan untuk menunggu hingga puncak kejenuhan  tren penguatan terjadi. Penantian, barangkali akan membosankan, namun bila membuahkan hasil profit yang hampir pasti tentu akan menjadi  penantian yang manis.

Happy Trading.