Masyarakat bisa menukar uang maksimal Rp 3,9 juta. Pecahan uang yang bisa ditukarkan antara lain Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000.

Bank Indonesia sudah mengumumkan jadwal penukaran uang untuk Lebaran 2019. Sejumlah bank pun membuka layanan untuk penukaran uang baru.

Bank-bank tersebut melayani masyarakat yang mau menukarkan uang dengan menggunakan layanan mobile. Antrean masyarakat di tempat penukaran biasanya sudah ramai sejak pagi.

Ada sejumlah titik disiapkan sebagai lokasi penukaran uang Lebaran 2019 itu. Salah satu lokasinya berada di kawasan IRTI Monas, Jakarta.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan, layanan penukaran uang di Monas diselenggarakan hingga 29 Mei 2019.

"Ini sampai tanggal 29. Jadi ini ada beberapa agenda, jadi beda-beda tempatnya, untuk Monas dari 13 Mei sampai 29 Mei. Itu adalah untuk Monas," kata Rosmaya.

Waktu pelayanan penukaran uang di Monas dimulai pukul 09.00 WIB. Namun bagi masyarakat yang ingin dapat kesempatan lebih dulu dalam menukar uang bisa datang lebih awal untuk mendapatkan antrean lebih awal.

Penukaran uang di IRTI Monas dibuka sampai persediaan uang yang disiapkan masing-masing bank dalam sehari sudah habis.

Lokasi penukaran uang baru ini disediakan di 2.941 titik. Ada titik tertentu untuk penukaran uang yang buka hingga 1 Juni. Sementara Monas memang tutup lebih cepat.

Masyarakat yang mau menukar uang buat lebaran cukup menunjukkan KTP saja. KTP ini juga ditujukan guna membatasi setiap orang agar tidak menukar uang berkali-kali dalam satu waktu yang ditentukan.

"Iya syarat KTP sama syaratnya ada uangnya (yang mau ditukar)," ujarnya.

Masyarakat bisa menukar uang maksimal Rp 3,9 juta. Pecahan uang yang bisa ditukarkan antara lain Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000.

Bizlaw.id merangkum sejumlah informasi yang perlu diketahui pembaca jika berniat menukar uang. Berikut lokasi lengkapnya: