Prabowo pergi ke Brunei sejak 16 Mei 2019

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dikabarkan tengah berada di Brunei Darussalam.

Pihak Imigrasi membenarkan keberadaan Prabowo di Brunei. Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Sam Fernando, menyatakan pihaknya memiliki data kepergian Prabowo ke Brunei.

"Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," kata Sam.

Menurut Sam, Prabowo menuju Brunei menggunakan pesawat pribadi kode 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. Data manifes menunjukkan terdapat 12 nama lain yang terbang bareng Prabowo.

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam.

Sebelumnya beredar foto di kalangan wartawan dan di media sosial, tampak Prabowo mengenakan setelan jas hitam lengkap dengan pecinya sedang di salah satu bandara luar negeri.

Tampak sejumlah orang mendampingi Prabowo di antaranya Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, di posisi belakang berpeci hitam mirip Amien Rais, ajudan atau sekretaris Prabowo Rizky Irmansyah, dan ustaz Ansufri Idrus Sambo.

Keberadaan Prabowo di Brunei ini sempat dibantah Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dia menyebut foto Prabowo di Bandara Brunei Darussalam merupakan gambar lama.

"Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti seword ini," tulis Dahnil di Twitter.

Titiek Soeharto, pun sempat menepis kabar keberadaan mantan suaminya itu di Brunei.

"Setahu saya masih di Indonesia, tanyalah ke Kertanegara (rumah Prabowo)," kata Titiek Soeharto usai menghadiri deklarasi Gerakan Kedaulatan Rakyat di Jalan Proklamasi, Kebayoran Baru, Jakarta.

Menurut Titiek Soeharto bila foto tersebut kemudian dikaitkan dengan situasi politik terkini, sangatlah tidak relevan.

Tidak ada alasan Prabowo Subianto untuk ke luar negeri. "Kan lagi berjuang masa ke luar negeri. Kita kan menang, ngapain harus takut," katanya.  

Jadi dalam rangka apa Prabowo ke Brunei jelang pengumuman KPU 22 Mei?