Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024 dan Workshop di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/02).

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun pada kesempatan kali ini Jokowi tidak mengabsen nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). 

"Biasanya, awal-awal sambutan seperti ini di semua partai saya absen capres-cawapres tapi pagi hari ini saya tidak akan mengabsen capres dan cawapres," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan tokoh-tokoh yang digadang-gadang akan ikut kontestasi Pilpres 2024 mendatang hanya sedikit. "Karena calonnya yang hadir sedikit, nggak usah diabsen semua sudah tahu calonnya siapa," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Jokowi tidak pernah absen untuk memanggil nama capres-cawapres setiap kali menghadiri Rakornas partai-partai.

Sementara pada kesempatan itu, hadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan, danjuga kader-kader PAN.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PAN, Zulhas dihadapan Jokowi menyodorkan nama Ganjar dan Erick.

"Di sini ada Pak Ganjar dan Pak Erick, Pa, kelihatannya harmonis Pa, sebagai panglima perang kita tunduk pada panglima tinggi (Jokowi), jadi terserah bapak," kata Zulhas.

Zulhas pun memberikan pantun yang berbunyi, "Jalan-jalan ke simpang lima jangan lupa beli lumpia, kalau Pa Ganjar dan Pa Erick sudah bersama InsyaAllah Indonesia tambah jaya. Itu kata panglima perang, Keputusan ada di panglima tinggi (Jokowi)".