Aktris gaek asal Malaysia, Michelle Yeoh masuk nominasi Oscar 2023 untuk peran utamanya dalam film Everything Everywhere All At Once, film yang sama yang membuatnya memenangkan Golden Globes 2023 awal Januari lalu. 

Berita tentang penghargaan Oscar dari superstar asal Asia itu menjadi trending di media sosial karena banyak penggemar asal China yang bergembira.

Yeoh menjadi wanita Asia pertama yang menang dalam kategorinya, jika dia menang. Yeoh adalah wanita Asia pertama dan juga wanita keturunan China pertama yang mendapatkan nominasi Oscar untuk Aktris Terbaik.

Nominasi Academy Awards tahun ini sangat menguntungkan bagi bintang keturunan Asia itu, dengan Everything Everywhere All At Once mendapatkan 11 nominasi. Rekan main Yeoh, Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu, serta sutradara Daniel Kwan, mendapat penghargaan serupa.

Yeoh pertama kali dikenal melalui perannya dalam film aksi Hong Kong pada 1990-an, yang dibintanginya bersama Jackie Chan dan Jet Li. Di Hollywood, ia mulai dikenal sejak perannya di Tomorrow Never Dies, sebuah film James Bond, dan film kungfu pemenang Oscar Crouching Tiger, Hidden Dragon.

Baru-baru ini, dia tampil di Crazy Rich Asians dan Star Trek: Discovery. Yeoh juga merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe, membintangi Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

"Buat wanita Asia bangga," tulis seorang komentator di platform media sosial China, Weibo, di mana tagar tentang nominasinya telah dilihat 130 juta kali.

"Semua orang menghormatinya dengan sepenuh hati, karena dia telah mendobrak begitu banyak penghalang dan memperluas perspektif mereka," kata seorang pengguna Facebook di Taiwan.

"Dia melakukannya untuk kita semua," tulis yang lainnya menimpali.

Banyak pengguna Weibo di China juga menyerukan agar film Everything Everywhere All At Once diputar tanpa pemotongan. Film tersebut telah diputar di banyak negara Asia termasuk Hong Kong dan Taiwan, tetapi belum diputar di China yang memberlakukan kuota ketat untuk film asing. 

Academy Awards ke-95 akan disiarkan langsung di stasiun TV ABC pada 12 Maret 2023.