PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan Subholding Commercial &  Trading Pertamina, yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri baik secara domestik dan internasional, menunjukkan komitmennya dalam upaya menghadapi perubahan iklim melalui pembentukan Program Kampung Iklim (Proklim) Gang Hijau (GH) Cemara 001 di RW 001 Kelurahan Tugu Utara pada Kamis (29/09/2022).

Proklim Gang Hijau Cemara 001 merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) / Corporate Social Responsibility (CSR) yang berada di wilayah ring 1 salah satu pabrik pelumas PTPL Production Unit Jakarta (PUJ). Proklim GH Cemara 001 hadir melalui proses survey dan koordinasi lintas stakeholder terkait kondisi dan peluang yang ada di masyarakat RW 001, Kelurahan Tugu Utara.

Corporate Secretary PTPL, Rifqi Budi Prasetyo menyampaikan bahwa tujuan utama pembentukan Proklim adalah mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

"Sebagai perusahaan kami sadar bahwa operasional perusahaan akan berjalan dengan baik apabila terjadi keseimbangan hubungan antara perusahaan dan masyarakat dengan berbagai kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat maupun lingkungan sekitarnya. Pengakuan ini menjadi motivasi kami untuk melakukan  program pemberdayaan masyarakat di seluruh wilayah operasi PT Pertamina Lubricants," lanjut Rifqi.

Rifqi menambahkan dalam mengimplementasikan Proklim, PTPL menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan, pembangunan sarana/prasarana kegiatan, pemberian alat penunjang kegiatan, dan pendampingan kegiatan.

Pada tahun 2022 ini, PTPL sudah merealisasikan bantuan sebesar Rp 180 juta. Dan dukungan terhadap pengembangan Proklim GH Cemara 001 tidak hanya berhenti di tahun ini saja, namun akan berlanjut selama lima tahun ke depan dengan ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama di akhir acara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman yang hadir dalam kegiatan peresmian Proklim GH Cemara 001 menyatakan bahwa Jakarta sebagai salah kota yang memiliki memiliki peran yang vital dalam aksi perubahan iklim. Oleh karenanya, perlindungan ekosistem yang dilaksanakan oleh masyarakat lingkungan di wilayah sangat penting untuk memitigasi perubahan iklim.

"Keberadaan Proklim GH Cemara 001 menunjukkan kolaborasi lintas sektor dalam pembangunan masyarakat, antara pemerintah, masyarakat, dan swasta. Hal ini sesuai dengan visi Jakarta sebagai kota kolaborasi. Kepedulian PT Pertamina Lubricants terhadap masyarakat wilayah sekitarnya juga patut kita apresiasi," lanjut Wawan.
Di kesempatan yang sama, Wawan mewakili Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara meresmikan RW 001 Tugu Utara sebagai Kampung Iklim. Ia berharap RW 001 Tugu Utara dapat memberikan contoh kepada wilayah yang lain.

Januar Ajie, Ketua RW 001 Tugu Utara menyampaikan bahwa kehadiran PTPL menambahkan semangat kepada masyarakatnya untuk berbuat kebaikan demi lingkungan. Ia berharap dengan program ini menjadi masyarakat RW 001 menjadi maju, sehat, dan mandiri.

Turut hadir pula dalam kegiatan peresmian Kepala Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Utara, Kepala Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Kapolsek Koja, Danramil Koja, Wakil Camat Koja, Plt Lurah Tugu Utara.

Sebelum acara seremonial peresmian, dilakukan penanaman anggur dan ikan, serta peninjauan kegiatan budidaya maggot dan bank sampah. Kegiatan juga dimeriahkan dengan bazaar UMKM produk olahan RW 001 dan UMKM Binaan TJSL PUJ.

Program ini juga merupakan upaya PTPL untuk turut berkontribusi terhadap program ESG Pertamina dan pilar "Go Environmental", "Go Sustainable",  dan "Go Collaborative", serta mendukung pencapaian SDGs nomor 13 tentang Penanganan Perubahan Iklim.