Sejumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 membentuk 'Rumah Ganjar' membuat gerah politikus PDIP. Ketua Bappilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto menilai, seharusnya relawan ini minta izin lebih dahulu ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bambang Pacul, sapaan akrab Bambang Wuryanto itu menegaskan, hak relawan untuk membentuk apapun untuk mendukung tokoh pilihannya. Tetapi Bambang mengingatkan Ganjar masih kader PDI Perjuangan.

"Kalau ada relawan relawan yang menbuat ini itu ini itu ya itu haknya relawan tetapi relawan ini yang mestinya tahu bahwa itu ganjar kader PDI Perjuangan kenapa kok nggak minta izin ketua umum?" ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 30 September 2022.

Politikus yang akrab disapa Bambang Pacul ini mengingatkan relawan tata krama politik. Ganjar masih menjadi kader PDIP. Gubernur Jawa Tengah itu harus mengikuti mekanisme di partai berlogo banteng soal pencapresan.

"Kalau fatsun tata krama politik itu ganjar masih kader PDI Perjuangan. Dia belum keluar PDI Perjuangan sepengetahuan saya ya. Kalau dia kader PDI Perjuangan itu berarti dia harus ikut mekanisme yang ada di PDI Perjuangan," kata Bambang.

Relawan seharusnya mengomunikasikan dengan PDIP bila ingin memberikan dukungan. Bambang kembali mengingatkan sepenuhnya hak pencalonan presiden di PDIP berada di tangan Megawati Soekarnoputri.

"Ya paling enggak kan nanya lah kami relawan dari ini mau mendukung pak Ganjar karena kalau bicara mekanisme pemilihan presiden di PDIP kan juga ada mekanismenya diputus oleh ketua umum," ujar Bambang.