Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) rela downgrade jadi calon wakil presiden (Cawapres). Hal itu dikatakan Cak Imin saat bertemu Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, Minggu (25/09).

Dalam kesempatan itu, Cak Imin mendoakan agar Puan jadi presiden. Dia pun mengatakan kepada putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu untuk menggandengnya dalam Pilpres 2024. "Saya minimal jadi wakil presiden," kata dia.

Pernyataan Cak Imin ini berbeda dari keinginan dia selama ini yaitu menjadi calon presiden. "Kok geser jadi wapres? Yaa partainya kalah gede," ujar dia.

Padahal sebelumnya, Muhaimin Iskandar telah menandatangani kesepakatan koalisi dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

PKB pun mengaku tetap kukuh mengusung Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden dari Prabowo.

Diketahui, Puan Maharani melakukan ziarah ke makam suami Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pagi ini.

Cak Imin yang turut hadir telah tiba lebih dulu sekitar pukul 07.44 WIB. Cak Imin menggunakan kemeja putih yang dibalut dengan rompi berwarna hijau. Dia langsung masuk ke dalam TMP Kalibata.

Sekitar pukul 07.53 WIB, giliran Puan Maharani yang tiba di TMP Kalibata. Puan terlihat mengenakan baju hitam dan selendang berwarna putih.