Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Keuangan (Menkeu) AS, Janet Yellen di Treasury Building, Washington AS, Jumat (16/09/2022).

Dalam sambutannya mengutip Keterangan Department of The Treasury AS, Yellen menjelaskan ini merupakan percakapan lanjutan setelah pertemuan G20 di Bali pada Juli lalu. Salah satu hal yang dibahas mulai dari transisi energi Indonesia yang lebih bersih.

"Di bawah kepemimpinan Menteri Luhut, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan pejabat senior lainnya, dengan dukungan AS, Jepang dan negara donor lainnya bekerja untuk mempercepat transisi Indonesia menuju energi yang lebih bersih melalui kemitraan transisi energi yang adil," kata Yellen dalam pidatonya, dikutip Minggu (18/9/2022).

Yellen mengatakan Tim Menteri Luhut dan Tim dari AS bersama mitra Jepang baru-baru ini baru menyelesaikan pertemuan, membahas upaya berkelanjutan untuk transisi sektor kelistrikan.

"AS dan mitra negara donor siap mendukung strategi semacam itu dengan sejumlah dukungan keuangan selama beberapa tahun," kata Yellen.

Dia juga menekankan, ada sejumlah modal swasta yang siap untuk berinvestasi dalam transisi energi Indonesia, khususnya pada sektor energi terbarukan.

"Sehubungan dengan itu kami senang melihat awal pekan ini, Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Presiden tentang Energi Terbarukan," katanya.

Selain itu topik pembahasan Yellen dan Luhut antara lain seperti mengatasi tingginya biaya energi yang saat ini terjadi secara global. Termasuk mempertahankan harga energi yang stabil dan aliran minyak yang stabil ke pasar internasional dalam jangka pendek.