Presiden China, Xi Jinping menolak berfoto dan makan malam bersama Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan di sela pertemuan di Uzbekistan, Kamis (15/09/2022).

Sumber pemerintahan Uzbekistan mengatakan kepada Reuters bahwa Xi membatalkan agenda di sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) itu sebagai upaya pencegahan Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19.

Ketidakhadiran Xi Jinping ini terendus media karena Xi tak terlihat saat para pemimpin negara SCO berfoto bersama menjelang makan malam. Dalam foto itu hanya terlihat beberapa kepala negara anggota SCO, termasuk Putin dan Erdogan.

Sumber pemerintahan Uzbekistan kemudian mengonfirmasi bahwa berdasarkan keterangan delegasi China, Xi tak bisa ikut karena kebijakan COVID-19.

Konferensi ini menjadi sorotan global karena menjadi kesempatan pertama Putin dan Xi bertemu setelah pandemi COVID-19, di tengah kisruh politik global.

Dalam pertemuan itu, Xi mendeklarasikan bahwa China siap bekerja sama untuk menjadi negara adikuasa bersama Rusia.

Invasi di Ukraina juga tak luput dari perbincangan Xi dan Putin. Putin menyindir Amerika Serikat yang merupakan sekutu dekat Ukraina.

Putin menganggap AS ingin terus menciptakan dunia unipolar. Menurutnya, sikap AS itu tak dapat diterima. Selain itu, isu Taiwan juga tersaji di meja perbincangan Xi dan Putin. Dalam kesempatan tersebut, Putin menegaskan posisi Rusia yang setia memegang prinsip Satu China.