Komisi  Pemilihan Umum (KPU) menyatakan 16 partai politik (parpol) tidak lolos tahapan pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 karena tidak mampu melengkapi dokumen yang dibutuhkan.   

"Jam 13.20 WIB tadi kami baru menyelesaikan proses pemeriksaan berkas. Ke-16 parpol tersebut berkasnya kami kembalikan karena tidak lengkap," ujar komisioner KPU Idham Holik dikutip dari YouTube KPU RI, Selasa, 16 Agustus 2022.    

Dengan demikian, sambung Idham, seluruh parpol tersebut tidak dapat melaju ke tahap selanjutnya, yakni tahapan selanjutnya yaitu verifikasi administrasi dan faktual.   

Pada saat yang sama, KPU juga telah mengumumkan 24 parpol yang lolos dalam tahap pendaftaran peserta Pemilu 2024, setelah seluruh berkas pendaftaran dinyatakan lengkap.

"Sebanyak 24 peserta parpol Pemilu 2024 dinyatakan telah memiliki berkas yang lengkap dan diterima pendaftarannya, serta akan dilanjutkan pada proses verifikasi," jelas Komisioner KPU August Mellaz, dikutip dari YouTube KPU RI, Selasa (16/8/2022).  

Dari 16 partai terdapat partai besutan Ari Sigit, Partai Karya Republik (Pakar). Ari Sigit yang merupakan cucu dari Presiden kedua RI Soeharto.

Ari menegaskan komitmen Pakar sebagai partai yang meneruskan program yang baik dari orde lama, orde baru, dan orde reformasi.

"Jadi pakar itu ke depannya yang apa yang bagus dari program orde lama orde baru orde reformasi maupun orde sekarang yang bagus pasti kita akan teruskan," ujar Ari di kantor KPU RI, Jakarta, Minggu,.14 Agustus 2022.

Daftar 16 parpol yang Tidak Lolos Pendaftaran Pemilu 2024: 

1. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) 
2. Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) 
3. Partai Beringin Karya (Berkarya) 
4. Partai Indonesia Bangkit Bersatu  5. Partai Karya Republik (PAKAR) 
6. Partai Pemersatu Bangsa 
7. Partai Bhineka Indonesia 
8. Partai Pandu Bangsa 
9. Partai Pergerakan Kebangkitan Desa (Perkasa) 
10.Partai Masyumi 
11.Partai Damai Kasih Bangsa  12.Partai Kedaulatan 
13.Partai Kongres 
14.Partai Pelita 
15.Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) 
16.Partai Reformasi