Pengamat politik Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan, pujian Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat silaturahmi nasional PPAD di Sentul, Bogor, Jumat lalu sarat kepentingan politik menuju 2024.

"Pujian Prabowo sinyal kuat butuh dukungan Jokowi untuk 2024. Saya yakin tidak hanya Prabowo, jajaran menteri yang maju di Pilpres 2024 dipastikan memohon restu Presiden Jokowi," kata Ikhwan seperti dikutip dari rmol.id. Senin (8/8).

Ikhwan berpandangan, sosok Jokowi mulai dilirik bakal calon presiden yang beririsan dengan pemerintahan sebagai king maker, termasuk bagi Prabowo sendiri.

"Posisi Presiden Jokowi sebagai pemegang pucuk kekuasaan eksekutif dijadikan sumber pengaruh untuk membangun kekuatan dalam menentukan bakal calon presiden dan wakil presiden nantinya," ujarnya.

Hal lain yang menjadi alasan Prabowo memuji Jokowi tak lain karena sikap presiden yang berani merekrut rivalnya untuk menjadi menteri.

"Beliau dulu kan rivalnya Jokowi, kemudian kalah, direkrut Jokowi jadi Menhan. Wajar pujian itu dilontarkan Prabowo," sambungnya.

Sebelumnya, saat acara Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) 2022, Jumat (5/8). Menhan Prabowo memuji Presiden Jokowi. Prabowo mengatakan, Jokowi presiden pekerja keras dan berhasil menyusun tim yang hebat.

"Kalau saya datang ke Istana rapat beliau sudah tiga pertemuan sebelum saya datang. Jadi, salah satu yang saya repsect beliau, beliau berhasil menyusun satu tim yang hebat-hebat," ujarnya.