Menteri BUMN Erick Thohir memamerkan keakraban bersama Presiden Joko Widodo, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat gelaran Car Free Day di Solo pada Minggu, 7 Agustus 2022. 

Hal ini terekam dalam sejumlah foto yang dibagikan Erick Thohir melalui akun Instagramnya. 

"Mencari keringat bersama Pak Presiden @jokowi, Mas @ganjar_pranowo, dan Mas @gibran_rakabuming di Solo Car Free Day pagi ini. Sebuah euforia yang luar biasa. Matur nuwun, Sedulur Solo, untuk sambutan hangatnya," ujar Erick. 

Sebelumnya, ketiganya juga menghadiri penutupan ASEAN Para Games XI Tahun 2022 (APG 2022) yang juga digelar di Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu malam, 6 Agustus 2022. Jokowi menutup acara yang berlangsung sejak 30 Juli 2022 ini, antara lain didampingi Erick dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. 

“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT., Alhamdulillahirabbilalamin ASEAN Para Games XI Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini,” ujar Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan kebanggaannya karena Indonesia berhasil menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI Tahun 2022. Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah berpartisipasi pada perhelatan ini.

“Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN. Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” ujarnya.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan menyukseskan APG 2022, erutama para atlet yang telah menunjukkan sportivitas persaudaraannya. 

Ucapan juga diberikan kepada  APSF (ASEAN Para Sports Federation),  International Sports Federation, NPC (National Paralympic Committees) dan Komite Nasional ASEAN Para Games XI.

"Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah,” ujarnya.

Kepala Negara menambahkan, solidaritas antarbangsa ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet APG 2022 akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi penyandang disabilitas. Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi meyampaikan ajakan untuk menyukseskan APG XII Tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Kamboja.

Erick dalam akun unggahan di Akun Instagramnya juga menyatakan kegembiraannya. Selain berhasil menjadi tuan rumah, Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022. 

"Luar biasa! 175 medali emas, 144 medali perak dan 106 medali perunggu berhasil diraih para atlet disabilitas kita. Ini jauh melampaui target 104 medali emas," ujarnya.

Hal ini menurut dia, menjadi bukti bahwa  teman-teman disabilitas bisa meraih prestasi membanggaka dengan kerja keras dan komitmen.

"Selamat kepada Presiden Jokowi, Pak Menpora Zainudin Amali, Ketua ASEAN PG 2022 Gibran Rakabuming, tentunya seluruh masyarakat Indonesia yang telah sukses menjadi tuan rumah event olahraga dunia," ujarnya.