Sepanjang pekan ini, pasar kripto mengalami pergerakan harga yang cukup berombak. Penguatan di pasar kripto pun tak sekuat seperti pekan lalu. 

Berdasarkan pantauan data dari Coinmarketcap, Jumat sore, 5 Agustus 2022, mayoritas kripto jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya berada di zona hijau dengan penguatan tipis.

Sebut saja, Bitcoin yang menguat 0,48 persen dan diperdagangkan di kisaran US$23.176, atau setara Rp 345 juta.

Mengenai pergerakan pasar kripto dan bitcoin pada pekan pertama Agustus 2022, Country Manager, Luno Indonesia, Jay Jayawijayaningtiyas mengatakan, Juli menjadi bulan terbaik tahun ini untuk pasar aset kripto. 

Hal ini karena Indeks Kapitalisasi Menengah, Kecil, dan Besar masing-masing telah tumbuh sebesar 40 persen, 30 persen, dan 26 persen.

“Harga Bitcoin juga meningkat 9 persen dalam tujuh hari terakhir dan diperdagangkan di rentang USD 18,000 atau sekitar Rp 68 juta hingga USD 24,000 (Rp 356 juta), di mana investor telah kembali berinvestasi Bitcoin di rentang harga tersebut,” jelas Jay, dikutip Sabtu (6/8/2022).

Jay menambahkan, tren positif di pasar aset kripto belakangan ini didorong oleh meningkatnya optimisme pasar setelah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) minggu lalu saat Bank Sentral AS (The Fed) diprediksi akan memangkas suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan.