Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Irjen Kemhan RI) Letjen TNI Budi Prijono mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri undangan Dubes Swiss untuk Indonesia H.E. Kurt Kunz pada peringatan Hari Nasional Konfederasi Swiss, Senin (1/8) di Kediaman Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Jakarta.

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Irjen Kemhan, Menhan Prabowo atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan ucapan selamat dan harapan terbaik untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Swiss.

“Atas nama rakyat dan Pemerintah Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Swiss. Semoga Swiss dan seluruh warga negaranya selalu mendapatkan limpahan karunia keselamatan, kedamaian dan kesejahteraan”, kata Menhan Prabowo.

Hubungan kerja sama bilateral Indonesia-Swiss terus menguat setiap tahunnya baik di bidang ekonomi, politik, pendidikan, ketenagakerjaan, pariwisata, kesehatan maupun di bidang pertahanan. Khusus dalam kerja sama pertahanan, Pemerintah Swiss sebelumnya telah memberikan dukungan terhadap penanggulangan pandemi Covid-19.

Selain itu, saat ini juga tengah dilaksanakan kerja sama di bidang pendidikan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, kerja sama industri pertahanan, Convention on Cluster Munition (CCM) serta bidang kerja sama lainnya sebagai perwujudan dari kemitraan strategis dalam mencapai keuntungan bersama yang didasari oleh Confidence Building Measure (CBMs) kedua negara.

“Indonesia akan terus menjadi mitra sejati bagi Swiss dalam mengatasi berbagai tantangan global. Kerja sama pertahanan ini semakin mempererat hubungan antar negara dan semoga dapat terus kita tingkatkan,” tegas Menhan Prabowo Subianto.