ICON+ siap mendukung operational excellence melalui peningkatan sistem telekomunikasi pada kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). 

Komitmen tersebut disampaikan ICON+ dalam Forum Telekomunikasi Kelistrikan Unit Induk Pengatur dan Penyalur Beban (UIP2B) Jawa Madura Bali (Jamali) pada 14-15 Juni 2022 lalu.

Dalam forum yang diselenggarakan secara hibrid tersebut, ICON+ bersama UIP2B Jamali dan Unit Induk Transmisi (UIT) menandatangani kesepakatan kerja sama untuk meningkatkan keandalan sistem Operation Technology (OT) guna menunjang kelistrikan Jamali. 

Sebagaimana tertuang dalam tema yang diusung, yaitu “Meningkatkan Operational Excellence pada Sistem Telekomunikasi untuk Menunjang Keandalan Sistem Ketenagalistrikan di Wilayah UIP2B Jawa, Madura, dan Bali dan Menyukseskan KTT G20”.

Penandatanganan secara langsung (offline) dilaksanakan oleh Direktur Utama ICON+ Yuddy Setyo Wicaksono yang didampingi Direktur Elcetricity & Wholesale Business ICON+ Ignatius Rendroyoko dengan GM PT PLN (Persero) UIP2B Jamali Suroso Isnandar. 

Turut hadir menyaksikan penandatangan secara online, Direktur Bisnis Regional Jamali PT PLN (Persero) Haryanto W.S. berserta seluruh Jajaran PLN Unit Induk Transmisi (UIT) GM PLN UIT Jawa Bagian Barat, Erwin Anshori, GM PLN UIT Jawa Bagian Timur, Tejo Wihardiyono, dan GM PLN UIT Jawa Bagian Tengah, Didik Fauzi Dakhlan.

Adapun komitmen yang disepakati bersama terkait digitalisasi proses bisnis penanganan Gangguan & Monitoring Layanan OT meliputi pemenuhan aplikasi penanganan gangguan melalui peluncuran aplikasi i-Customer, optimalisasi topologi dan konfigurasi jaringan, capacity readiness untuk rencana Advance Control Center UIP2B Jamali, serta penguatan power supply dan peremajaan perangkat obsolete.

Dengan kegiatan ini, sinergi dan komunikasi antara ICON+ dan PLN beserta unit-unitnya menjadi semakin erat. Bersama mewujudkan aspirasi LEAN dari Transformasi PLN, guna memastikan pengadaan listrik yang andal dan efisien melalui Digitalisasi Proses Bisnis Ketenagalistrikan.