Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama untuk mengganti posisi Menpan-RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat 1 Juni 2022 lalu. 

Mahfud meyakini bahwa Presiden Jokowi sudah memiliki kandidat untuk menduduki posisi tersebut. Ia pun menyebut nama Menpan RB baru akan diumumkan setelah masa duka.

“Pak Jokowi pasti sudah tahu (pengganti Tjahjo) dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu bela sungkawa,” kata Mahfud seperti dikutip dari CNN Indonesia. Senin (4/7/22).

Mengenai sosok yang akan dipercaya untuk Menpan-RB berikutnya, Mahfud menegaskan bahwa itu sepenuhnya hak prerogatif Jokowi. 

“Untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri, untuk diangkat berdasar hak prerogatif presiden. Oleh sebab itu saya tak punya preferensi penilaian apa pun dan siapa pun,” ujar Mahfud.

Seperti diketahui, Mahfud MD ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Menpan-RB ad interim selama Tjahjo Kumolo dirawat intensif. Ia bertugas untuk menjalani tugas-tugas yang ditinggalkan Tjahjo selama dirawat di rumah sakit, 

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari Jumat 1 Juli 2022 setelah mendapatkan perawatan selama dua pekan di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Tahjo dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata pada hari yang sama.