Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakalan bisa tidur nyenyak. Tingkat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil Indonesia pada 2021, mencapai 101,6 persen dibanding masa pra pandemi, yakni 2019.

"Angka tersebut melewati level masa sebelum pandemi. Capaian ini adalah tidak banyak dicapai oleh negara di dunia," ujar Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Pada 2021, PDB riil di sejumlah negara belum kembali ke level pra pandemi. Semisal, Perancis yang berada di level 98,4 persen, Jerman 97,5 persen, Inggris 96,4 persen, Malaysia 96,4 persen, dan Filipina 95,5 persen.

Dengan demikian, kata Sri Mulyani, Indonesia yang sudah bisa mencapai level pra pandemi dalam waktu yang begitu singkat merupakan suatu capaian yang didorong oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Sri Mulyani menjelaskan pemerintah telah melanjutkan kebijakan APBN yang fleksibel dan selalu responsif pada tahun 2021, mengingat ketidakpastian akibat perubahan COVID-19.

"APBN 2021 masih harus bekerja sangat keras khususnya dalam menangani gelombang varian Delta yang muncul pada akhir Juni hingga Agustus 2021," tegasnya.

Asal tahu saja, Produk Domestik Bruto atau PDB, merupakan salah satu indikator penting dalam mengukur perekomian suatu negara, terutama terkait dengan ekonomi secara makro.

Dikutip dari laman Badan Pusat Statistik (BPS), PDB adalah jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Secara sederhana definisi PDB, PDB adalah total nilai produksi dan jasa yang dihasilkan semua orang atau perusahaan dalam satu negara, termasuk nilai tambah, dalam kurun waktu tertentu, biasanya satu tahun.

Dalam Bahasa Inggris, PDB dikenal sebagai gross domestic product (GDP). Dengan PDB, ekonomi suatu negara bisa tergambar dari produktivitas penduduknya.

Namun demikian, PDB yang tinggi belum tentu seluruh penduduk negara tersebut memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. PDB adalah dasar dari perhitungan pertumbuhan ekonomi. Saat PDB mengalami kenaikan, maka artinya negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi. Begitu pun sebaliknya.