Presiden Rusia, Vladimir Putin berencana menghadiri KTT G20 di Indonesia November ini. Hal itu ditegaskan seorang penasihat Kremlin, Senin waktu setempat.

"Kami telah menerima undangan resmi ... dan kami telah menanggapi secara positif, mengatakan bahwa kami tertarik untuk berpartisipasi," kata Yuri Ushakov kepada wartawan, dikutip Selasa (28/06/2022).

Dikatakannya, bisa saja nanti akan ada perubahan dalam 'cara Rusia berpartisipasi'. Hal itu karena jarak waktu penyelenggaraan KTT yang masih lama, 15 hingga 16 November 2022.

"Tapi untuk saat ini, undangannya adalah untuk partisipasi secara langsung," tambah Ushakov.

Indonesia sendiri merupakan Presidensi G-20 saat ini. Sebelumnya di Oktober 2021, Putin juga bergabung dengan KTT G20 di Roma, Italia, melalui tautan video.

Sebelumnya, negara-negara Barat, sempat menekan Indonesia untuk mengecualikan Rusia menyusul serangan ke Ukraina dan tuduhan kejahatan perang. Akan tetapi, Jerman dalam pernyataan terbaru, Senin, masih terbuka untuk ambil bagian, meskipun Putin hadir.

Sementara itu, diketahui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Rusia, termasuk Ukraina. Ini setelah menghadiri KTT G7 yang berlangsung di Jerman.