Hasil Survei Litbang Kompas pada Juni 2022 menyatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi idola generasi muda jika sebagai calon presiden (capres) di 2024. Begitu pula dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Prabowo Subianto dalam survei Litbang Kompas menduduki posisi pertama dengan perolehan 28,9 persen responden Generasi Centennial (Gen Z) yang akan memilihnya sebagai capres. Disusul, Ganjar Pranowo dengan perolehan 23,1 persen responden.

Berbeda dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tidak terlalu mendapatkan perhatian dari generasi muda. Bahkan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu perolehannya jauh di bawah Prabowo dan Ganjar, yakni 9,9 persen responden.

Akan tetapi, Ganjar mendapatkan hati dan menjadi urutan pertama sebagai capres yang diidolakan generasi milenial muda (gen Y muda).

Ganjar mendapat suara 23,1 persen dari responden. Sementara, posisi kedua ditempati oleh Prabowo dengan keterpilihan sebesar 18,9 persen. Disusul Anies dengan suara 10,7 persen.

Gen Y muda ini merupakan responden yang kini berusia 26 hingga 33 tahun.

Perolehan suara Ganjar dari Gen Y muda ini meningkat 4,5 persen dari survei sebelumnya pada Januari 2022. Sedangkan Prabowo turun sekitar 1,9 persen dan Anies turun hingga 8,3 persen.