Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kerja Utusan Dagang Perdana Menteri Inggris untuk ASEAN Richard Graham MP yang didampingi oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins di Kemhan RI, Jakarta, Senin (13/6) sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pertahanan RI-Inggris.

Pada pertemuan itu, Menhan RI Prabowo Subianto menyampaikan apresiasi yang tinggi dan selalu menganggap Inggris teman dekat serta mitra strategis bagi Indonesia di bidang pertahanan sejak tahun 1960-an.

“Masih terbuka peluang bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama pertahanan seperti kerja sama industri pertahanan dan kerja sama pendidikan,” ujar Menhan RI Prabowo.

Sementara itu, Richard Graham MP mengakui bahwa bidang pertahanan telah membuka jalan bagi hubungan yang lebih erat antara pemerintah Inggris dan Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang dapat diandalkan dalam keamanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Saling kunjung kedua pejabat tinggi negara ini menjadi bukti bahwa hubungan bilateral RI-Inggris secara umum berjalan baik, terutama pada bidang pertahanan. Di bidang pertahanan sendiri, Indonesia dan UK telah memiliki forum Dialog Pertahanan yang dilaksanakan setiap tahun (JDCD – Joint Defence Cooperation Dialogue) sejak 2019.

Sebelumnya, Menhan Prabowo telah terlebih dahulu menggelar lawatan kenegaraan dengan Menhan Inggris Ben Wallace MP pada tahun 2021 lalu.