Fortune Indonesia merilis 20 nama wanita paling berpengaruh atau Most Powerful Women, yang menjadi sosok kuat dan berperan penting mengatasi isu ancaman global.

Nama Megawati Soekarnoputri, Sri Mulyani, Retno Marsudi, Tri Rismaharini hingga Khofifah Indarparawansa masuk dalam daftar tersebut.

CEO & Founder IDN Media, Winston Utomo dalam keterangan tertulis, Senin (13/06) menjelaskan, ada beberapa indikator dalam menentukan daftar perempuan terkuat versi Fortune Indonesia ini.

Indikator tersebut yaitu besarnya pengaruh, perubahan, dan dampak yang dihasilkan bersama perusahaan, arah serta tujuan kepemimpinan yang jelas, performa dari bisnis atau lembaganya, dan perjalanan karir yang cemerlang.

Saat ini kata dia, banyak keputusan penting dalam perekonomian Indonesia, termasuk pemerintahan dan politik yang sebenarnya dikendalikan oleh kaum perempuan, salah satunya yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Perempuan kelahiran Bandar Lampung itu dinilai berperan penting dalam menentukan semua anggaran untuk kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia.

"Berbagai kebijakannya pun berperan besar dalam perekonomian negeri ini, termasuk urusan pajak," kata Winston.

"Selain itu, ada juga nama Megawati Soekarnoputri yang merupakan pemimpin partai politik terbesar di Indonesia," tambah dia.

Kategori wanita berpengeruh ini dirilis untuk menjawab isu kesetaraan gender. Menurut Fortune Indonesia, saat mengamati CEO perempuan  di dalam daftar Fortune Indonesia 100 pada tahun lalu, hanya 5 perusahaan di Indonesia yang dipimpin oleh CEO perempuan.

Padahal banyak riset yang menyebutkan pentingnya kontribusi perempuan dalam dunia bisnis. Bahkan McKinsey Global Institute Report menyebutkan 53,76 persen UMKM di Indonesia dimiliki kaum perempuan.

"Mereka secara langsung dan tak langsung menjadi perwakilan untuk mewujudkan cita-cita itu karena berada di dalam ring kepemimpinan, yang bisa menentukan arah perubahan," katanya.

Winston mengatakan banyak perseroan di Indonesia yang enggan memasukkan kaum perempuan dalam jajaran eksekutif, apa pun alasannya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia Hendra Soeprajitno menambahkan, 20 perempuan yang masuk dalam Fortune Indonesia Most Powerful Women 2022 ini disusun bukan berdasarkan pemeringkatan.

"Semuanya memiliki kekuatan, prestasi, dan manifestasi di bidangnya masing-masing. Mereka memberikan dampak positif ke masyarakat dengan caranya masing-masing," katanya.

Berikut daftar Fortune Indonesia Most Powerful Women 2022:

1. Megawati Soekarnoputri, Presiden RI Ke-5 & Ketua Umum PDI-P

2. Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI

3. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI

4. Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI

5. Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur

6. Mari Elka Pangestu, Managing Director World Bank

7. Alissa Wahid Aktivis, Psikolog, Dan Ketua Tanfidziyah PBNU

8. Najwa Shihab, Jurnalis & Founder Narasi

9. Nurhayati Subakat, Pendiri Paragon Technology and Innovation

10. Shinta Widjaja Kamdani, CEO Sintesa Group

11. Kartini Muljadi, Pendiri Tempo Scan Pacific

12. Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina

13. Ira Noviarti, Presiden Direktur Unilever Indonesia

14. Febriany Eddy, CEO & Presiden Direktur Vale Indonesia

15. Dian Andyasuri, Presiden Direktur & Country Chair Shell Indonesia

16. Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia

17. Phillia Wibowo, Managing Partner Mckinsey & Company, Indonesia

18. Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

19. Handayani, Direktur Bisnis Konsumer Bank Rakyat Indonesia

20. Vera Eve Lim, Direktur Keuangan Bank Central Asia.