Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat H.E. Lloyd James Austin III, Jumat (10/6) di Singapura. Dalam pertemuan tersebut keduanya membahas beberapa isu terkait pertahanan dan keamanan dunia.

Menhan Prabowo pun menyampaikan apresiasi atas dukungan AS bagi ASEAN yang kuat dan mandiri dengan mendorong Strategi Indo-Pasifik AS (US-Indo-Pacific Strategy) dan berharap adanya wujud nyata dari minat AS dalam memperluas kerja sama bilateral di seluruh Asia Tenggara.

“Dengan fokus pada upaya memperkuat keamanan kesehatan, mengatasi tantangan maritim, meningkatkan konektivitas, dan memperdalam hubungan antar masyarakat,” kata Menhan Prabowo.

Pertemuan dengan Menhan Austin ini adalah salah satu agenda Menhan Prabowo dalam kunjungan kerja ke Singapura untuk berbicara pada International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 yang merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Menhan Prabowo Subianto juga menekankan kembali pentingnya AS sebagai teman dekat dan negara mitra pertahanan penting di Kawasan Asia Pasifik, di mana telah ditegaskan pula oleh Presiden Joko Widodo maupun Presiden Joseph Biden, yang menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia pada acara G20 di Italia November 2021 lalu.