Rusia mencekal 963 warga negara Amerika Serikat, masuk ke negara tersebut. Pencekalan tersebut juga berlaku untuk Presiden AS, Joe Biden dan bos Facebook Mark Zuckerberg.

Selain keduanya, aktor Morgan Freeman, pejabat pemerintah AS, anggota parlemen dan tokoh terkemuka lainnya juga masuk dalam daftar cekal di situs Kementerian Luar Negeri Rusia.

Freeman, yang sebelumnya tidak disebutkan namanya oleh otoritas Rusia, dituduh oleh Moskow telah merekam video pada 2017 dengan mengklaim Rusia berkomplot melawan AS.

"Sanksi balasan Rusia diperlukan dan bertujuan untuk membatasi AS yang mencoba memaksakan 'tatanan dunia' neokolonial di seluruh planet ini... untuk mengubah posisinya dan mengakui realitas geopolitik baru," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP.

Pernyataan tersebut juga menambahkan bahwa Moskow tetap terbuka untuk "dialog jujur" dan menarik perbedaan antara orang-orang AS dan pihak berwenang "menghasut Russophobia".

Kementerian Luar Negeri Rusia juga mengumumkan ada 26 nama warga negara Kanada yang dilarang masuk ke Rusia.

Di antara, yang masuk daftar itu adalah Panglima Militer Kanada, para pejabat eksekutif bidang industri pertahanan dan Sophie Gregoire Trudeau, istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Daftar hitam warga negara Kanada yang diharamkan masuk Rusia saat ini, diumumkan Kementerian Luar Negeri Rusia berselang empat hari setelah Kanada memperkenalkan RUU yang akan melarang Presiden Rusia Vladimir Putin dan sekitar seribu PNS di pemerintahan Rusia dan militer, masuk ke Kanada.