Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengaku, partainya tidak merasa terganggu dengan kemunculan Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut Djarot Saiful Hidayat, PDIP saat ini lebih memilih fokus untuk mengawal program-program kerakyatan pascapandemi Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19.

Saat disinggung soal adanya Koalisi Indonesia Bersatu, Djarot mengaku, PDIP saat ini fokus untuk melakukan proses konsolidasi partai dan pendidikan politik partai. Serta fokus untuk bisa membantu rakyat, membantu mengawal program-program kerakyatan kegiatan pascapandemi COVID-19.

"Jadi kita masih belum berpikir pada koalisi-koalisi seperti itu. Kita lebih mementingkan skala prioritas bagaimana membantu rakyat, pascapandemi COVID-19," ujar Djarot kepada wartawan usai menghadiri acara Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 di Gedung Juang Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/05/2022).

Menurut Djarot, Pemilu 2024 masih cukup lama. Sehingga, PDIP lebih memilih memprioritaskan hal yang terpenting. Bagi PDIP, kata dia, yang terpenting adalah bagaimana bisa membantu rakyat, ujar Djarot.

"Untuk koalisi nanti, ya. Nanti saja dulu, lebih baik kita mikirkan pada masyarakat dulu. Bukankah PDIP bisa maju sendiri loh ya. Lebih aman," pungkas Djarot.