Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Ekonom senior Rizal Ramli untuk bertarung di pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu tersirat, dalam sambutan acara halal bi halal sekaligus perayaan HUT Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) ke-4 di Bilangan Jakarta Pusat, Sabtu (14/5). 

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno yang juga merupakan Ketua Dewan Penasihat Asprindo ini menyebut, Rizal Ramli sebagai sosok yang selalu memotivasi sebuah perubahan.

"Salam Asprindo, penuh semangat. Yang saya hormati calon presiden kita yang juga Ketua Dewan Pembina Asprindo, Bang Rizal Ramli yang selalu memberi motivasi untuk sebuah perubahan yang lebih baik," ujar Sandiaga.

Menurutnya, Rizal Ramli merupakan tokoh yang tak pernah lelah dalam menyampaikan gagasan untuk perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik. Bahkan kata Sandi, keberaniannya dalam menyuarakan kebenaran sangat konsisten.    

"DR. Rizal Ramli ini selalu menjadi tokoh yang penuh semangat dan keberaniannya untuk membuat perubahan selalu menginspirasi kita," ujarnya  

Sebelumnya, Rizal Ramli dalam sambutannya mengingatkan para pengurus Asprindo untuk selalu optimis dalam menjalankan usaha meski perekonomian dalam keadaan sulit.

Menurutnya, kondisi susah menjadi tantangan tersendiri bagi anggota Asprindo yang mayoritas adalah pelaku UMKM untuk semakin kreatif dan berinovasi.

"Kalau bisa bangkit dari kondisi susah, maka niscaya dalam kondisi normal lebih berhasil," imbuhnya

Namun tentunya pemerintah juga harus mendukung secara nyata terhadap para pelaku UMKM. Karena dengan begitu, perekonomian nasional akan tumbuh secara pesat dan angka pengangguran dapat ditekan.

"Pencipta lapangan kerja di Indonesia yang paling banyak itu dari UMKM. Tapi, saluran kredit ke UMKM masih sedikit. Bahkan, unsur penopang UMKM seperti gas LPG 3 Kg pun naik, pajak naik. Jadi, setop dulu lah proyek-proyek, fokus untuk bangkitkan ekonomi rakyat," jelasnya.    

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Uno mengakui bahwa pemerintah memiliki banyak tantangan dalam memperbaiki ekonomi nasional.

"Memang banyak tantangan yang harus kita selesaikan. Oleh karena itu, kita harus terus berinovasi, adaptasi dan berkolaborasi," tandasnya.