Dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Amerika Serikat (AS), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pemimpin negara-negara ASEAN dijamu santap malam oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/05/2022) waktu setempat atau Jumat pagi, (13/05/2022) Wib. 

Di buku tamu Gedung Putih, Jokowi menyampaikan pesan persahabatan untuk Biden agar menghadiri acara G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

“Looking forward to a stronger ASEAN-US partnership. See you in Bali for G20,” tulis Jokowi yang juga dibubuhi tanda tangannya, sebagaimana foto yang diterima media di Jakarta dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (13/05/2022). 

Dalam jamuan santap malam itu, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden.  Dalam statement pengantar toast, Presiden Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif.

Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi. 

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," kata Jokowi sebagaimana rilis yang diterima media di Jakarta dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (13/05/2022). 

Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.