Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2022 tahap 1 telah diumumkan pada Senin 9 Mei kemarin, bagi pelamar Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dapat melakukan pengecekan hasil tahap 1 melalui situs resmi Rekrutmen Bersama Forum Human Capital Indonesia Badan Usaha Milik Negara atau FHCI BUMN, yaitu www.rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Setelahnya, pelamar yang lolos dijadwalkan mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN pada 19 Mei-24 Mei 2022. PT Brantas Abipraya (Persero) juga turut berkontribusi membuka peluang berkarya di BUMN konstruksi ini melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

“Kami memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah melamar, antusias yang sangat tinggi sekali. Ini adalah bentuk komitmen Abipraya dalam membuka peluang gen milenial untuk berkarya, berkreativitas dan berkembang bersama Brantas Abipraya,” ujar Satyobudi Santoso yang merupakan Senior Manager Human Capital Brantas Abipraya.

Ditambahkannya tes berikutnya yakni Tes Kemampuan Dasar atau TKD adalah ujian yang mengukur kemampuan dasar meliputi tes verbal, numerik, dan gambar. Soal TKD mencakup Tes Matematika Dasar, Tes Verbal, Tes Seri Angka, Tes Penalaran Bentuk Ruang. Sementara tes Core Values BUMN adalah ujian yang mengukur kemampuan peserta dalam memahami nilai-nilai kerja BUMN yaitu Core Values AKHLAK.

AKHLAK sendiri telah menjadi budaya di BUMN yang terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Satyobudi mengatakan bahwa AKHLAK merupakan pondasi yang terpenting untuk bekerja, terdiri dari kata-kata afirmasi yakni AMANAH adalah memegang teguh kepercayaan yang diberikan, lalu KOMPETEN yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, HARMONIS berarti perilaku saling peduli dan menghargai perbedaan. LOYAL yakni berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, ADAPTIF yang berarti terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, serta yang terakhir  KOLABORATIF yang merupakan semangat membangun kerja sama yang sinergis.

Pelamar dianjurkan untuk mengikuti trial test yang dilaksanakan beberapa hari sebelum pelaksanaan berlangsung. Hal itu dapat membantu peserta untuk beradaptasi dengan platform online test serta melakukan evaluasi terhadap perangkat yang digunakan untuk online test. Berikut yang perlu disiapkan peserta yaitu, komputer PC/laptop yang dilengkapi perangkat web camera, sedangkan untuk penggunaan handphone, tablet, ataupun smartphone tidak diperkenankan. Selain itu peserta juga wajib menggunakan browser versi terbaru, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox minimal pada versi 90.

Sebagai tambahan informasi, Brantas Abipraya merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Sebagai salah satu perusahaan konstruksi di Indonesia, BUMN yang telah berusia 41 tahun dikenal sebagai kontraktor terunggul dalam pembangungan bendungan. Tak hanya bendungan, gedung, jalan dan jembatan serta BUMN ini juga tengah merampungkan banyak infrastruktur transportasi (darat, laut dan udara) seperti pelabuhan dan bandara, listrik, gedung, sehingga Abipraya berkembang menjadi kontraktor umum.

Saat inipun Brantas Abipraya sedang merampungkan banyak proyek strategis nasional (PSN), diantaranya adalah Bendungan Ciawi yang merupakan bendungan kering pertama di Indonesia, Bendungan Semantok di Nganjuk, Jawa Timur yang nantinya menjadi bendungan terpanjang di Asia Tenggara dan Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah yang bakal menjadi bendungan tertinggi di Indonesia.

“Tak hanya fokus melahirkan karya-karya infrastruktur yang unggul, tentunya kami fokus terus mengembangkan talenta human capital kami, hal ini dilakukan agar Insan Abipraya dapat selalu meningkatkan kompetensinya dan dapat bersaing kuat di dunia konstruksi,” tutup Satyobudi.