Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ruhut Sitompul dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan rasialisme.

Ruhut sebelumnya mengunggah meme Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mengenakan baju adat suku Dani, Papua, di akun Twitter pribadinya @ruhutsitompul.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan pelaporan tersebut. "Iya, benar ada laporannya di kami. Pelapornya (mewakili) pemuda Papua," ujar Zulpan.

Ruhut dilaporkan oleh Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan pada Rabu (11/05). "Setiap laporan pasti kami pelajari telebih dahulu," jelas Zulpan.

Menurut Zulpan, laporan tersebut telah teregistrasi dengan Nomor LP/B/2299/SPKT/ Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022, dan tengah dipelajari oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Ruhut dilaporkan atas pelanggaran Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Menanggapi lapaoran tersebut, Ruhut seperti dikutip suara.com, mengaku santai dan siap menghadapi laporan atas dirinya. Sebagai warga negara, kata Ruhut, dirinya siap menghormati proses hukum yang berlaku di negeri ini.

"Biasa saja, jadi kami harus hadapi. Kan begitu. Kita negara hukum harus menghadapinya dengan baik," kata Ruhut, Kamis (12/05).

Terhadap hal itu, Ruhut juga menyinggung soal banyaknya meme bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Sebagai pendukung Jokowi, dia pun tidak mempersoalkan adanya meme yang berseliweran di media sosial.

"Soal meme, banyak kok meme terhadap Pak Jokowi. Kurang apa lagi. Tapi kami pendukung Pak Jokowi tidak cengeng, biarpun kami berkuasa. Biarin saja, biar rakyat yang menilai," sambung Ruhut.

Ruhut juga menyinggung soal Anies Baswedan. Menurut dia, sosok Anies yang belum menjadi seorang Presiden sudah bersikap layaknya orang yang berkuasa.

"Kebayang lho kalau menang dia (Anies) jadi Presiden. Habis kami semua. Belum berkuasa saja sudah lebih dari yang berkuasa," ucapnya.

Ruhut Sitompul sebelumnya mengunggah gambar Anies mengenakan pakaian adat suku Dani pada Rabu (11/05) sekitar pukul 14.42 WIB.

"Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh," demikian dikutip dari unggahan @ruhutsitompul.

Menyusul unggahan itu, Ruhut mengatakan bahwa dirinya tidak mengedit sendiri foto tersebut dan hanya mengunggah gambar kiriman dari pihak lain. "Ha ha ha siapa yg edit, Aku hanya dikirim Sip deh," cuit Ruhut.