Partai Golkar pasang badan menjamin bahwa kerja Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian tidak terganggu meski tengah menyiapkan diri sebagai Calon Presiden 2024. Hal itu menanggapi instruksi Presiden Joko Widodo agar para menteri fokus bekerja jelang Pemilu 2024.

Garansi itu dikeluarkan Ketua DPP Golkar, Dave Akbarshah Fikarno, dikutip Kamis (12/5). Justru, instruksi Jokowi tersebut akan menambah semangat kerja Airlangga karena perlu memperlihatkan ke publik kinerjanya sebagai menteri.

"Tidak (terganggu), justru akan menambah semangat karena berarti perlu terus membuktikan bahwa memimpin bekerja seperti apa," kata Dave ketika dihubungi, dikutip Kamis (12/5).

Dave santai menanggapi dorongan sejumlah pihak bahwa menteri yang ingin maju nyapres perlu mundur. Ia menilai, selama tidak lalai terhadap pekerjaannya, tidak perlu mundur dari jabatannya.

"Ya itu kan pandangan pribadi orang, saya melihatnya selama bisa menjalankan tugasnya tanpa lalai dapat mengejar fungsi-fungsinya enggak ada yang salah," kata anggota Komisi I DPR RI ini.

Sementara itu, Dave menilai instruksi Presiden Joko Widodo harus diikuti kerja nyata para menteri. Ia mengatakan, pengalaman Golkar selama ini para menterinya tetap bekerja optimal meski di tengah situasi politik apapun.

"Sudah terbukti selama berkali-kali ganti rezim semua menteri Golkar selepas dari situasi politik apapun tetap bekerja secara optimal. Tentu ini adalah permintaan presiden kepada semuanya dan itu harus disikapi dengan kerja dan bukti nyata," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan bahwa tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada pertengahan 2022. Dia pun meminta jajaran menteri dan para kepala lembaga negara untuk fokus bekerja di tugas masing-masing.

"Berkaitan dengan tahapan pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini, saya juga minta menteri, kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," jelas Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (9/5).

Dia menekankan agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas bersama harus terselenggara dengan baik. Jokowi ingin Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan tanpa ada gangguan.