Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio (Hensat) mengatakan para menteri yang sudah fokus untuk tampil pada Pilpres 2024 mendatang disarankan untuk mengundurkan diri. 

Hal tersebut untuk menghindari kevakuman dalam bekerja atau partai politik hanya berkonsentrasi pada pemilu saja. para menteri ini nantinya tidak akan berkonsentrasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai pembantu Presiden Jokowi.

Namun demikian, pengamat politik dari Universitas Paramadina ini menilai bahwa hal itu akan sulit terwujud. Pasalnya, para menteri yang hendak nyalon di Pilpres 2024 justru merasa nyaman dengan jabatan yang diemban saat ini.  

“Bila menteri Pak Jokowi yakin bisa nyapres di Pilpres mestinya mundur dari kabinet. Tapi sulit terjadi, sebab enak begini ada panggung menteri, tebar pesona sekalian tugas negara,” kata Hensat seperti dikutip dari akun Twitter pribadi @satriohendri, Kamis (12/5).

Menurutnya, jika sudah tidak lagi menjabat, para menteri tentu akan canggung saat datang ke daerah. Sebab, akan banyak kendala yang dihadapi.

“Kalau sudah tidak jadi Menteri, mungkin saat tebar pesona bisa diresein, "eh situ siapa, artis?”,” tutupnya.