Presiden Israel, Isaac Herzog menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas via telepon.

Herzog menyampaikan pesan perdamaian dan menyebut tanah Palestina adalah sebuah rumah untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan, demikian pernyataan dari kantor kepresidenan Israel.

Melalui pernyataan tersebut, dia juga menyatakan telah berbicara dengan Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed al-Nahyan dan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa untuk menghormati momen Lebaran bagi masyarakat Palestina.

Herzog diperkirakan akan berbicara dengan lebih banyak pemimpin di dunia Arab dalam beberapa hari mendatang.

Ucapan Herzog terkesan basa-basi. Sebab diketahui sebelumnya, selama Ramadhan lalu, zionis Israel gencar melakukan serangan kepada warga sipil Palestina.

Parahnya lagi, beberapa kekerasan bahkan terang-terangan dilakukan di dalam masjid, saat dimana warga muslim Palestina sedang beribadah.

Selama Ramadhan 1443 Hijriah, ketegangan antara pasukan keamanan Israel dan Palestina semakin meningkat. Terparah serangan tentara Irael di Masjid Al Aqsa pada Jumat (15/04) lalu.

Tentara Israel menyerang warga Palestina saat Sholat Subuh dan melukai serta menangkap puluhan orang. Puluhan jemaah terluka akibat tembakan peluru baja berlapis karet, gas air mata, dan granat kejut oleh tentara Israel di halaman dan aula masjid.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, 152 orang dievakuasi dari masjid Al Aqsa dan dipindahkan ke rumah sakit terdekat.

Sementara dikutip dari laman Haaretz, dua bulan terakhir telah menyaksikan serangkaian serangan Palestina di Israel dan Tepi Barat yang telah menewaskan 16 orang.

Setidaknya 27 warga Palestina telah tewas dalam operasi Israel di Tepi Barat, beberapa terkait dengan menemukan tersangka di balik serangan teror.