Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkoordinasi dengan operator seluler untuk mengamankan kualitas layanan telekomunikasi, khususnya internet, pada saat Idul Fitri 1443 dan mudik Lebaran 2022.

Hari ini, Jumat (29/04/2022) Kominfo dan pihak operator seluler akan melakukan tinjauan lapangan terkait dengan layanan telekomunikasi, baik untuk mudik atau saat lebaran.

"Sebab dalam masa mudik dan Lebaran trafik layanan telekomunikasi akan melonjak," demikian kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, saat ditemui di kantor Kominfo, Kamis (28/04/2022).

Dalam koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi, Johnny mengaku sudah mempersiapkan bandwidth yang cukup sehingga nanti tidak sampai kekurangan.

Ia pun mengimbau kepada para pemudik agar tidak menggunakan jaringan internet untuk hal-hal tidak bermanfaat, seperti menyebar kabar hoaks.

Sebab pada saat-saat tersebut, trafik layanan telekomunikasi sedang tinggi-tingginya. Untuk itu ia mengajak masyarakat menggunakan jaringan telekomunikasi dengan efisien.

"Sarana telekomunikasi ini kita gunakan dengan baik, kita gunakan secara efisien, jangan sampai dipakai untuk hal-hal yang tidak perlu," ucapnya.

"Misalnya digunakan untuk hoaks menyebarkan berita yang tidak berguna yang menganggu trafik, menanggu kualitas layanan," imbuh Johnny.