Menteri Erick Thohir menegaskan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di bawah kendalinya, memegang peranan penting dalam memajukan perekonomian Indonesia. 

Menurut Erick Thohir, berbagai intervensi dilakukan BUMN agar bisa menjadi penyeimbang ekonomi Indonesia. 

“Perusahaan-perusahaan BUMN harus menjadi sebuah ekosistem lokomotif yang bisa menjaga persaingan Indonesia di dunia. Karena memang kita harus bisa mengintervensi ketika terjadi ketidakkeseimbangan,” ujar Erick Thohir di laman Twitter pribadinya.

Berkat transformasi dan inovasi yang dia lakukan, Kementerian BUMN telah berubah menjadi sebuah lembaga negara yang dicintai masyarakat. Bahkan, kata dia, BUMN telah berhasil membawa berbagai solusi untuk masyarakat.

“Visi dari kami, bukan melihat BUMN itu sebagai sapi perah ataupun tempat kita memperpanjang birokrasi,” ujar Erick Thohir. 

Pihaknya juga terus mendorong BUMN untuk lebih transparan dan bersama rakyat mendukung ekonomi Indonesia. Sehingga BUMN bisa hadir mendukung memajukan ekonomi masyarakat. 

“Bukan eranya kami menjadi sapi perah dan memperpanjang birokrasi. Sudah saatnya kita menjadi tulang punggung perekonomian yang bisa diandalkan oleh masyarakat Indonesia,” tegas Erick Thohir.

Untuk menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, Erick Thohir menerapkan e-government. Erick Thohir ingin BUMN bisa semakin amanah sebagaimana core values yang diterapkan dalam bekerja. 

“Karena itu saya membuat beberapa catatan, tahun ini kita harus menjadi kementerian pertama yang menjalankan e-government. Core values kita ‘AKHLAK’ sekarang dipakai oleh berbagai kementerian,” tutup Erick Thohir.