Tokoh reformasi yang kini menjabat Ketua Dewan Syuro Partai Ummat, Amien Rais menyarankan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengundurkan diri dari jabatan di kabinet Indonesia Maju.

Menurut mantan Ketua MPR tersebut, sebagian besar masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan Luhut yang terus menghidupkan wacana penundaan Pemilu 2024 dan memperpanjang masa jabatan Presiden Jokowi.

"Sebagian besar masyarakat sipil, saya yakin sudah tidak percaya lagi pada Pak Luhut. Please, resign, the sooner, the better," kata Amien saat menyampaikan pidato dalam acara Milad 1 Tahun Partai Ummat pada Minggu (17/04/2022).

Amien Rais menduga, Luhut tidak mau mundur sebagai menteri karena menderita narcissistic megalomania atau gangguan kepribadian berupa merasa diri sangat penting. 

Amien Rais menyarankan Jokowi berani bersikap kepada Luhut. Pria kelahiran Surakarta itu mengeluarkan kalimat keras buat Luhut. 

"Pak Jokowi seyogianya memecat dia. Luhut bukan lagi aset bangsa, dia telah menjadi liability, menjadi national burden atau beban nasional," tutur mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu.

Tak hanya itu, Amien menyarankan Jokowi membuat pernyataan tegas dan lugas bahwa dirinya akan mengakhiri jabatan pada 20 Oktober 2024. 

"Persis seperti perintah konstitusi," tandas Amien Rais.