Pandemi Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 diperkirakan bukan menjadi pandemi terakhir yang akan melanda dunia. Berdasarkan pemikiran itulah kemudian miliarder Bill Gates ingin mengantisipasinya dengan merekrut ribuan orang. 

Bill Gates saat berbicara dalam konferensi TED 2022 menyatakan, sebenarnya bisa saja pandemi COVID-19 akan menjadi yang terakhir jika kita mengambil langkah-langkah yang tepat.

Salah satunya, Bill Gates berencana mengguyur dana USD 1 miliar per tahun untuk membentuk kelompok bernama tim GERM, kependekan dari Global Epidemic Response and Mobilization. Diperlukan pula investasi lebih banyak di sistem kesehatan global serta di bidang riset dan pengembangan.

Seperti dikutip dari Fast Company, tim GERM akan terdiri dari sekitar 3.000 orang. Anggotanya adalah pakar terkait seperti ahli penyakit menular, ilmuwan data, pakar logistik, hingga pakar komunikasi dan diplomasi.

"Seperti halnya pemadam kebakaran, tim GERM yang akan melakukan latihan. Jika kita ingin respons yang cepat, kita ingin memastikan semua hal sudah ada dan bisa bergerak dengan sangat cepat. Praktik adalah kuncinya," kata sang pendiri Microsoft.

Pelatihan itu akan berguna untuk mencegah pandemi jika terdeteksi akan terjadi. 

"Jika tidak ada pandemi, tim GERM bisa fokus untuk menangani penyakit menular lain sebagai prioritas kedua," tambah Bill Gates.

Dia membayangkan, tim GERM akan langsung bergerak cepat dan berkoordinasi dengan berbagai negara jika terdeteksi akan muncul pandemi. Dengan demikian, pandemi dapat dicegah, tak seperti kasus pandemi COVID-19.

"Misinya adalah untuk menghentikan wabah sebelum menjadi pandemi. Ketika pandemi COVID-19 menerpa, kita seperti kota Roma sebelum ada pemadam kebakaran dan air," kata Bill Gates mengibaratkan.