Asisten Deputi Pengelolaan DAS dan Konservasi Sumber Daya Alam pada Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Mochamad Saleh Nugrahadi bersama Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia John C. Chen, melakukan kegiatan peninjauan di lokasi Food Estate, Humbang Hasundutan, Rabu (30-03-2022).

Selain melihat secara langsung perkembangan program Food Estate di Sumatra Utara, kunjungan ini sekaligus penjajakan potensi kerjasama Indonesia – Taiwan disektor pertanian.

Dalam kunjungannya ini, Kepala Perwakilan Chen menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Indonesia atas capaian perkembangan program Food Estate.

“Karena komitmen dan usaha pemerintah untuk membangun kawasan lumbung pangan, kami sangat mendukung dan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia untuk pengembangan Food Estate semakin lebih baik,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Selain itu, Kepala Perwakilan Chen Chung juga berjanji akan terus berkomitmen dalam melaksanakan kerja sama di bidang pertanian yang sudah berlangsung sejak 46 tahun lalu. Taiwan akan terus berbagi teknik dan pengalaman dalam manajemen ataupun pemasaran pertanian, membantu meningkatkan pendapatan, hasil pertanian dan memperbaiki taraf hidup dari berbagai lapisan masyarakat.

Selain itu, Asdep Saleh yang mendampingi Kepala Perwakilan Chen Chung menyampaikan Taiwan dengan pengalaman dan kemajuan teknologi pertaniannya, digabungkan dengan kondisi alam Indonesia yang unik, dapat saling melengkapi dan menciptakan kondisi yang saling menguntungkan bagi Taiwan maupun Indonesia.

Asdep Saleh juga mengutarakan harapannya agar program benih padi unggul dan pertanian modern di Kabupaten Karawang dapat direplikasi di Kawasan Food Estate Sumatra Utara.

Pada kesempatan ini, hadir juga Manajer Lapangan Food Estate Sumatera Utara, Jajaran Forkompimda Kabupaten Humbang Hasundutan, perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian serta tamu undangan lainnya.

Selanjutnya Kepala Perwakilan Chen Chung bersama rombongan mengunjungi Kampus IT Del untuk meninjau fasilitas kampus, Laboratorium serta melakukan diskusi untuk potensi rencana kerjasama dalam pembangunan TSTH2. Rombongan disambut oleh Aldo Sinaga selaku Rektor IT Del.

“Kami siap melakukan kolaborasi dan kerjasama bersama IT Del untuk peningkatan kapasitas bagi mahasiswa/mahasiswa IT Del dapat melakukan studi tentang soil research ke Taiwan serta melaksanakan magang pada perusahaan di Taiwan yang sesuai dengan kebutuhan di IT Del, sebut Kepala Perwakilan Chen Chung mengawali diskusinya di Kampus IT Del.

Taiwan menjadi salah satu Negara dengan kualitas pendidikan yang maju dan unggul, saat ini melalui program ICDF (International Cooperation and Development Fund) menyediakan beasiswa mulai jenjang S1 sampai S3, lanjutnya.

Kepala Perwakilan Cheng Chung melakukan Audiensi bersama Pemerintah Provinsi Sumatra Utara

Selain berkunjung ke Humbang Hasundutan, Kepala Perwakilan Chen Chung bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Kantor Gubernur Sumatera Utara untuk melakukan pemaparan rencana investasi Taiwan untuk Food Estate, serta potensi investasi, perdagangan dan kerjasama di provinsi ini.

Rombongan diterima secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan – Arif Sudarto.

“Taiwan tidak hanya unggul di bidang pertanian dan perikanan, melainkan unggul di bidang teknologi informatika dan kecerdasan buatan,” terang Kepala Perwakilan Chen Chung mengawali sambutannya di Kantor Gubernur tersebut.

Di Sumatra Utara, terdapat para alumni Taiwan yang mencapai 3.000 alumni dengan sebagian besar memiliki bisnis yang cukup besar, lanjutnya.

Salah satu pertimbangan investor adalah menguntungkan tidaknya berinvestasi di Indonesia dengan 3 faktor yaitu lingkungan industri, ketersediaan sumber daya manusia serta regulasi yang ada dapat menunjang perkembangan bisnis secara berkelanjutan.

Menanggapi paparan dari Taiwan, secara positif Arif Sudarto menyatakan bahwa propinsi Sumut akan balik berkunjung ke kantor TETO membawa proposal yang potensial untuk dikerjasamakan dengan Taiwan.